EVALUASI KINERJA PELAYANAN COMMUTER LINE RUTE JAKARTA KOTA-BOGOR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Kawasan Jabodetabek merupakan wilayah metropolitan dengan kegiatan ekonomi yang tinggi, hal ini akan berdampak pada pergerakan mobilitas yang semakin tinggi terhadap masyarakat tersebut. Transportasi commuter line merupakan salah satu moda transpotasi umum yang diminati masyarakat Jabodetabek. Karena sedang dalam keadaan pandemi Covid-19 maka moda commuter line juga harus beradaptasi, seperti dengan adanya pengecekan suhu, pengadaan kontak darurat dan adaptasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun arahan peningkatan kinerja pelayanan pada rute Jakarta Kota-Bogor di masa pandemi Covid-19. Evaluasi dilakukan dengan pengambilan data secara primer melalui kuesioner serta data sekunder pendukung. Kemudian dapat menggunakan Importance Performance Analysist (IPA) berdasarkan hasil kuesioner yang diperoleh dari sampel pengguna commuter line rute Jakarta Kota-Bogor. Hasil arahan dengan mempertimbangkan kuadran I pada hasil analisis IPA adalah terkait perbaikan dan peningkatan fasilitas kesehatan, peningkatan kualitas SDM dalam pelayanan kereta commuter line, peningkatan pengawasan pelayanan pada masa pandemi Covid-19, peningkatan ketepatan serta keteraturan dalam jadwal keberangkatan commuter line, dan peningkatan fasilitas bagi penumpang khusus seperti pengguna kursi roda pada commuter line.Lalu arahan peningkatan informasi dan fasilitas kesehatan dengan protokol pandemi, arahan peningkatan assembly point, arahan peningkatan dan perawatan fasilitas stasiun, arahan pengoptimalan tempat parkir, arahan pengadaan ramp, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada stasiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, I. W., & Waloeya, B. S. 2017. How To Improve Service Performance Of Commuter Line in Jabodetabek : Case Study Depok to Jakarta Kota Route. Surabaya. Regional Conference in Civil Engineering (RCCE).
Aminah, S. 2018. Transportasi Publik dan Aksesbilitas Masyarakat. Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung.
Asrul, & Aziz. 2018. Pengantar Sistem dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta. CV. Budi Utama.
BPS Provinsi DKI Jakarta. 2020. DKI Jakarta Dalam Angka. Jakarta. Badan Pusat Statistik
Damayanti, S. O., Agustin, I. W., & Hariyani, S. 2021. Prioritas Alternatif Peningkatan Kinerja Commuter Line di Masa Pandemi Covid-19. Malang. Jurnal Reksabumi.
Deslidah, S. 2017. Kualitas Pelayanan Commuter Line. Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik.4(1): 51-58.
Intari, D. E., Suryani, I., & Septya, I. 2017. Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Bogor Di Kota Bogor. Cilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Jessica, Christina, & Dewi. 2020. Evaluasi Kinerja dan Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang di Stasiun KRL Grogol. Jakarta. Jurnal Infrastruktur.6(2): 115-127.
Karina, N. 2016. Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Kereta Api Komuter Rute Depok-Jakarta Kota. Malang. Universitas Brawijaya.
Nazwirman, & Hulmansyah. 2017. Karakteristik Penumpang Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek. Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA).2(1) : 26-35.
PT. KCI. 2019. Laporan Tahunan Annual Report. PT. Kereta Api Commuter Indonesia.
Sunandar, L. 2019. Evaluasi Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Commuter Line Rute Bogor-Jatinegara. Malang. Universitas Brawijaya.
Tiara, A. 2019. Evaluasi Layanan Transportasi Publik Kereta Rel Listrik Commuter Line Di Jabodetabek. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Wijayanto, H. 2019. Peranan Penggunaan Transportasi Publik di Perkotaan. Jurnal Studi Kepemerintahan.2(2): 1-8.
Zaki, M., Firdausiyah, N., & Hariyani, S. 2022. Evaluasi Kineja Operasional dan Pelayanan Kereta Commuter Line Rute Bekasi-Jakarta Kota (Penelitian Pandemi Covid-19). Planning for Urban Region and Environment.11(2): 59-68.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.