EVALUASI JALUR SEPEDA BERDASARKAN PERSEPSI TERHADAP KUALITAS DAN PREFERENSI PENGGUNA DI JALAN GUBERNUR SURYO

Shezira Santika Ardhana, Fauzul Rizal Sutikno, Agus Dwi Wicaksono

Abstract


Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kehidupan masyarakat, salah satunya adalah meningkatnya penggunaan sepeda. Namun, penggunaan sepeda tersebut tidak bertahan lama dan semakin menurun saat memasuki era new normal. Tidak hanya sebagai aktivitas olahraga, sepeda dapat menjadi alat transportasi yang dapat mengurangi permasalahan kemacetan. Kota Surabaya telah melengkapi beberapa ruas jalan dengan jalur sepeda, salah satunya Jalan Gubernur Suryo. Jalur sepeda tersebut dilengkapi dengan fasilitas pelengkap dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan daya tarik masyarakat. Persepsi terhadap kualitas dan preferensi dari pengguna merupakan hal penting untuk meningkatkan kinerja dari jalur sepeda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga analisis, yaitu membandingkan antara kondisi eksisting dan fasilitas pelengkap dengan pedoman yang berlaku (Analisis Kebijakan Patton & Savicky), importance performance analysis, dan analisis cross tabulation dengan uji chi-square. Berdasarkan hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa mayoritas pengguna sepeda memiliki preferensi untuk bersepeda pada saat weekend dengan tujuan untuk rekreasi dan olahraga. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa sepeda tidak digunakan sebagai moda transportasi sehari-hari. Preferensi tersebut dipengaruhi oleh persepsi atau kesan masyarakat terhadap kondisi jalur sepeda. Persepsi masyarakat menunjukkan bahwa untuk variabel kenyamanan, atribut yang dianggap penting namun kondisi eksisting masih dinilai belum memuaskan adalah tempat parkir speeda. Selanjutnya untuk variabel keamanan dan keselamatan, atribut yang dinilai belum memuaskan adalah keamanan dari kendaraan bermotor. Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa preferensi pengguna terkait dengan harapan perbaikan adalah perawatan secara berkala terhadap setiap fasilitas pelengkap jalur sepeda, penambahan tempat parkir pada fasilitas publik, dan penanganan terhadap keamanan dari kendaraan bermotor.


Keywords


jalur-sepeda; persepsi; preferensi-pengguna

Full Text:

PDF

References


Fadly, G., Widodo, S., & Mayuni, S. 2020. Analisis Efektivitas Lajur Khusus Sepeda Pada Kawasan Perkotaan Pontianak Studi Kasus (Jalan Gusti Sulung Lelanang - KH. Ahmad Dahlan - Johar - Hos Cokroaminoto). JeLAST. 7(1):1-8.

Hanavie, A., & Setiawan, R. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Menggunakan Sepeda. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. 3(2):1-8.

Ivada, A. 2017. Persepsi dan Preferensi Komunitas Sepeda Terhadap Penerapan Jalur Sepeda di Kota Salatiga. Universitas

Diponegoro.

Pratiwi, D. 2019. Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Kapasan-Kenjeran Kota Surabaya. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Rahmawati, D. 2014. Rencana Fasilitas Sepeda Kota Yogyakarta. Perencanaan Wilayah dan Kota. Yogyakarta. Perencanaan Wilayah dan Kota.

Rozari, A. d., & Wibowo, Y. H. 2015. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Utama Kota Surabaya. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945

Santoso, & Anwar. 2016. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode WebQual dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Situs Kaskus. Journal National Conference on Information Technology. CITEE.

Utama, D. C., & Sugiri, A. 2014. Persepsi dan Preferensi Mahasiswa UNDIP Tembalang Untuk Bersepeda di Kampus. Jurnal Teknik PWK. 3(4):825-839.

Windarni, I. P., Wulandari, A., & Hernovianty, F. R. 2018. Tingkat Keinginan Masyarakat Menggunakan Jalur Sepeda di Kota Pontianak. JeLAST. 5(3):1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.