EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN KOTA BATU TRAYEK BJL DAN BG

Gusti Bagus Andaninta, Budi Sugiarto Waloejo, Fauzul Rizal Sutikno

Abstract


Kota Batu merupakan salah satu kota yang dikenal dengan berbagai obyek wisatanya. Banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kota Batu membuat padatnya lalu lintas sehingga sering terjadi kemacetan. Guna menunjang pergerakan wisatawan maupun masyarakat maka dibutuhkannya transportasi umum, Adapun transportasi umum di Kota Batu salah satunya yakni angkutan kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna dan moda angkutan kota, menganalisis kinerja operasional dan pelayanan serta merumuskan arahan peningkatan dari Angkutan Kota Batu Trayek BJL dan BG. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif, analisis kinerja operasional, Importance Performance Analysis dan Quality Function Deployment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional untuk load factor dan headway masih dibawah standar, sedangkan untuk travel time sudah memenuhi standar. Sedangkan untuk kinerja pelayanan yang masuk dalam kuadran I ialah atribut pelayanan yang memiliki kepentingan sangat tinggi tetapi memiliki nilai kepuasan yang rendah sehingga perlu diprioritaskan diantara lain yakni ketersediaan kaca film, fasilitas kesehatan, informasi tanggap darurat, tempat sampah, waktu kedatangan dan keberangkatan. Analisis QFD digunakan dalam mencari prioritas dari aspek yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil analisis Kinerja Operasional dan Pelayanan. Berdasarkan hasil prioritas arahan peningkatan angkutan kota, prioritas arahan peningkatan kinerja operasional terletak pada (RT-1) yakni perawatan dan pemeliharaan armada Angkutan Kota Batu Trayek BJL secara berkala. Kemudian,  prioritas arahan peningkatan kinerja operasional terletak pada (RT-3) yakni pengadaan passenger information display untuk memberikan informasi di dalam angkutan kota.


Keywords


Angkutan-Kota; Kinerja-Operasional; Kinerja-Pelayanan; Important-Performance-Analysis; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Andrias, V. 2017. Analisis Kinerja Angkutan Umum Penumpang Di Kota Sorong - Papua Barat (Studi Kasus Trayek A). Yogyakarta. Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2021. Kota Batu Dalam Angka. Batu. Badan Pusat Statistik Kota Batu.

Dian, P. 2020. Evaluasi Kebutuhan dan Ketersediaan Angkutan Umum Penumpang Kota Batu (Studi Kasus Rute Batu-Junrejo-Landungsari). Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Dinas Perhubungan Kota Batu. 2013. Tataran Transportasi Lokal. Batu. Dinas Perhubungan Kota Batu.

Harso, G. F. 2022. Analisis Komparasi Kualitas Layanan dan Harga Antara Shopee dan Tokopedia. Jurnal Bisnis. 2(2): 26-38.

Khoiriyah, A. 2017. Aplikasi UU Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum Guna Penyelesaian Perkara Cerai Gugat Dalam Perspektif Hukum Islam. Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Nur, H. & Windasari. 2021. QFD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan PT KAI Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 18(2):143-160.

Perdana, D., M. Muntaha & A. Suko. 2018. Evaluasi Kinerja Angkutan Kota Berdasarkan Kuantitas Pelayanan Di Kota Balikpapan. Jurnal Politeknik Negeri Balikpapan. 3(3):12-22.

Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung. Alfabeta.

Saputra, P. dan R. A. Wiguna. 2016. Evaluasi Kinerja dan Penentuan Tarif Angkutan Umum Kota Batu. Malang. Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.

Sulistyo, A. B., I. Rafauzi dan H. Wijaya. 2022. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomart dengan Metode Servqual dan IPA. Jurnal Media Teknik & Sistem Industri. 6(2):95 -106.

Susilowati, Wicaksono & Suharso. 2011. Kajian Kinerja Angkutan Umum Dengan Metode QFD Pada Kawasan Industri Marmer di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Teknik Sipil. 5(3):191-200.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.