EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS PATAS RUTE MALANG– SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID–19

Mahesa Noviyan Pratama, Imma Widyawati Agustin, Spetiana Hariyani

Abstract


Masyarakat Kota Malang yang bermobilitas ke kota lain dapat menggunakan transportasi darat baik itu
transportasi darat pribadi maupun umum. Transportasi darat umum yang digunakan oleh masyarakat Kota
Malang adalah angkutan umum penumpang berupa bus. Transportasi merupakan sektor yang mempengaruhi
dalam perekonomian. Aspek kehidupan bangsa bernegara memerlukan sektor ini sebagai jalannya pertumbuhan
roda ekonomi. Kasus Covid-19 di Indonesia muncul pertama kali pada tanggal 2 Maret 2020, ketika dua orang
terkonfirmasi mengidap wabah Covid – 19 dari seorang warga negara Jepang. Sampai tanggal 15 Juni 2020. Pada
masa pandemi COVID-19 seluruh kegiatan mobilitas penduduk dibatasi sebagai tindakan preventif dalam
mencegah penyebaran COVID-19 sehingga mengakibatkan pada penurunan penumpang hingga 75%. Sterilisasi
fasilitas yang digunakan secara bersama pada sektor transportasi agar masyarakat tetap merasa nyaman saat
menggunakan moda transportasi massal Bus Patas rute Malang - Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD)
untuk memberikan prioritas arahan perbaikan. Hasil penelitian untuk kinerja operasional dapat diidentifikasi
travel time melebihi 53,34 sampai 61,35 menit, waktu tunggu melebihi 14-20 menit. Terdapat 5 atribut yang
termasuk dalam prioritas peningkatan pelayanan dan 4 atribut pada kinerja operasional, dengan prioritas
tertinggi pada kinerja operasional yakni respon teknis RT-2 Waktu Tunggu bus dipercepat ketika sudah melewati
batas maksimal dari jadwal keberangkatan perlu diadakan alat pantau / GPS.


Keywords


Evaluasi-Kinerja, Importance-Performance-Analysis, Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Adam, A. M. 2020. Sample Size Determination in

Survey Research. Journal of Scientific

Research and Reports. 90-97.

Bakhtiar, A. 2018. Evaluasi Kinerja Angkutan

Umum Kota Malang. Fakultas Teknik

Universitas Islam Malang. 2: 142-158.

Bhaswara, A. D. 2018. Kajian Kinerja Pelayanan

Bus Akdp Patas Dan Ekonomi Pada

Trayek Surabaya - Malang. Jurnal

Transportasi. 1-10.

Burhan, B. 2012. Analisa Data Penelitian

Kualitatif. Jakarta: Rajawali.

Desfika, T. 2020. Pandemi Covid-19 Memukul

Bisnis di Sektor Transportasi.

Ernawati. 2016. Keterkaitan Jalur Transportasi

Dan Interaksiekonomi Kabupaten

Konawe Utara Dengankabupaten/Kota

Sekitarnya. Jurnal Progres Ekonomi

Pembanganunan. 50-51.

Haryono, S. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan

Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota

Yogyakarta. Jurnal Administrasi Bisnis.

(1): 1-14.

Jimanto, Riswanto Budiono dan Yohanes Sondang

Kunto. 2014. Pengaruh Service Quality

Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan

Customer Satisfaction Sebagai Variabel

intervening Pada Ritel Bioskop The

Premiere Surabaya. Jurnal Manajemen

Pemasaran Petra. 2(1):1-7.

Martinez, C. 2003. Evaluation report: Tools cluster

networking meeting 1. Arizona:

CenterPoint Institute Inc.

Muhyiddin. 2020. Covid-19, New Normal dan

Perencanaan Pembangunan di Indonesia.

The Indonesian Journal of Development

Planning. 241-250.

Setiawan, B. S. 2016. Analisis Website

Menggunakan Importance-PerformanceAnalysis. Research Gate. 1-12.

Sugiyanto., & Lestari. 2022. Pelayanan Bus Patas

dan Ekonomi Pada Trayek Antar Kota.

Jurnal Penelitian Transportasi Dara. 51-

Susanto, B. A. 2021. Evaluasi Kinerja Operasional

Dan Pelayanan Brt Trans Pakuan Koridor

Pada Masa Pandemi Covid-19. Planning

for Urban Region and Environment. 10.

Wicaksono, A. S. 2013. 'Kajian Peningkatan

Kinerja Bus Rapid Transit (BRT) di

Yogyakarta'. Media Teknik Sipil. 17(1): 1-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.