EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS PATAS RUTE MALANG– SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID–19
Abstract
transportasi darat pribadi maupun umum. Transportasi darat umum yang digunakan oleh masyarakat Kota
Malang adalah angkutan umum penumpang berupa bus. Transportasi merupakan sektor yang mempengaruhi
dalam perekonomian. Aspek kehidupan bangsa bernegara memerlukan sektor ini sebagai jalannya pertumbuhan
roda ekonomi. Kasus Covid-19 di Indonesia muncul pertama kali pada tanggal 2 Maret 2020, ketika dua orang
terkonfirmasi mengidap wabah Covid – 19 dari seorang warga negara Jepang. Sampai tanggal 15 Juni 2020. Pada
masa pandemi COVID-19 seluruh kegiatan mobilitas penduduk dibatasi sebagai tindakan preventif dalam
mencegah penyebaran COVID-19 sehingga mengakibatkan pada penurunan penumpang hingga 75%. Sterilisasi
fasilitas yang digunakan secara bersama pada sektor transportasi agar masyarakat tetap merasa nyaman saat
menggunakan moda transportasi massal Bus Patas rute Malang - Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD)
untuk memberikan prioritas arahan perbaikan. Hasil penelitian untuk kinerja operasional dapat diidentifikasi
travel time melebihi 53,34 sampai 61,35 menit, waktu tunggu melebihi 14-20 menit. Terdapat 5 atribut yang
termasuk dalam prioritas peningkatan pelayanan dan 4 atribut pada kinerja operasional, dengan prioritas
tertinggi pada kinerja operasional yakni respon teknis RT-2 Waktu Tunggu bus dipercepat ketika sudah melewati
batas maksimal dari jadwal keberangkatan perlu diadakan alat pantau / GPS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, A. M. 2020. Sample Size Determination in
Survey Research. Journal of Scientific
Research and Reports. 90-97.
Bakhtiar, A. 2018. Evaluasi Kinerja Angkutan
Umum Kota Malang. Fakultas Teknik
Universitas Islam Malang. 2: 142-158.
Bhaswara, A. D. 2018. Kajian Kinerja Pelayanan
Bus Akdp Patas Dan Ekonomi Pada
Trayek Surabaya - Malang. Jurnal
Transportasi. 1-10.
Burhan, B. 2012. Analisa Data Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Rajawali.
Desfika, T. 2020. Pandemi Covid-19 Memukul
Bisnis di Sektor Transportasi.
Ernawati. 2016. Keterkaitan Jalur Transportasi
Dan Interaksiekonomi Kabupaten
Konawe Utara Dengankabupaten/Kota
Sekitarnya. Jurnal Progres Ekonomi
Pembanganunan. 50-51.
Haryono, S. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan
Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota
Yogyakarta. Jurnal Administrasi Bisnis.
(1): 1-14.
Jimanto, Riswanto Budiono dan Yohanes Sondang
Kunto. 2014. Pengaruh Service Quality
Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan
Customer Satisfaction Sebagai Variabel
intervening Pada Ritel Bioskop The
Premiere Surabaya. Jurnal Manajemen
Pemasaran Petra. 2(1):1-7.
Martinez, C. 2003. Evaluation report: Tools cluster
networking meeting 1. Arizona:
CenterPoint Institute Inc.
Muhyiddin. 2020. Covid-19, New Normal dan
Perencanaan Pembangunan di Indonesia.
The Indonesian Journal of Development
Planning. 241-250.
Setiawan, B. S. 2016. Analisis Website
Menggunakan Importance-PerformanceAnalysis. Research Gate. 1-12.
Sugiyanto., & Lestari. 2022. Pelayanan Bus Patas
dan Ekonomi Pada Trayek Antar Kota.
Jurnal Penelitian Transportasi Dara. 51-
Susanto, B. A. 2021. Evaluasi Kinerja Operasional
Dan Pelayanan Brt Trans Pakuan Koridor
Pada Masa Pandemi Covid-19. Planning
for Urban Region and Environment. 10.
Wicaksono, A. S. 2013. 'Kajian Peningkatan
Kinerja Bus Rapid Transit (BRT) di
Yogyakarta'. Media Teknik Sipil. 17(1): 1-
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.