EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BRT TRANS JOGJA TRAYEK 2A (TERMINAL CONDONGCATUR – GEMBIRALOKA)

Mohammad Ferryan Yusufi, Budi Sugiarto Waloejo, Ismu Rini Dwi Ari

Abstract


BRT Trans Jogja merupakan transportasi umum yang bertujuan untuk memfasilitasi aktivitas penduduk Yogyakarta. Salah satu trayek pada BRT Trans Jogja adalah trayek 2A yang sering digunakan untuk tujuan pendidikan ataupun rekreasi. Pada eksistingnya BRT Trans Jogja masih terdapat permasalahan pada kinerja operasional dan pelayanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional dan pelayanan serta merumuskan prioritas arahan peningkatan kinerja operasional dan kinerja pelayanan BRT Trans Jogja Trayek 2A. Data-data pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan observasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kinerja operasional, analisis IPA (Importance Performance Analysis), dan QFD (Quality Function Deployment). Hasil dari penelitian ini berupa prioritas arahan peningkatan kinerja yang berdasarkan analisis Quality Function Deployment diantaranya untuk kinerja operasional adalah perawatan dan pemeriksanaan sarana dan prasarana secara berkala dan untuk kinerja pelayanan adalah pengadaan informasi visual berupa Passenger Information Display (PID) di dalam armada Trans Jogja Trayek 2A.

Keywords


BRT; Trans-Jogja; Importance-Performance-Analysis; Quality-Function-Deployment

Full Text:

PDF

References


Ardi, S. 2016. Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis. Rekaracana. 2(2): 59-70.

Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka. 2021. Yogyakarta: BPS D.I.Yogyakarta.

Dinas Perhubungan D.I.Y. 2021. Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Trayek Angkutan Perkotaan. Yogyakarta. PT. Andalan Mitra Nusantara.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta. Departemen Perhubungan RI.

Farida, R. 2010. Penentuan Alternatif Lokasi Halte Bus Kotapada Rute Parubaya-Darmo-Perak di Surabaya. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Indra, R. 2016. Permodelan Distribusi Frekuensi Time Headway Lalu Lintas di Wilayah Jalan Berbukit. Jurnal Rekayasa Sipil. 2(12):1-6

Listiarini, M. P. 2017. Analisa Kinerja Operasional Bus Rapid Transit (BRT) trans Jogja Koridor 4B Terminal Giwangan. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh September.

Pardiman, A. W. 2013. Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Bus Trans Jogja dengan Metode Quality Function Deployment. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Massal

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 10 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal berbasis Jalan.

Safe, Y. 2015. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum trayek Terminal Oebobo - Terminal Kupang pp dan Terminal Kupang - Terminal Noelbaki pp. Jurnal Teknik Sipil 1(4): 65-78

Silvia, E. M., Machfud, & Zein, M. 2010. Implementasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Guna Meningkatkan Kualitas Gula Kristal Putih. Bengkulu. Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.