EVALUASI KINERJA KAPAL MOTOR WISATA BOKORI DI PELABUHAN PENYEBERANGAN DESA BAJOE, SULAWESI TENGGARA

Wa Ode Safina Tunnaja, Septiana Haryani, Adipandang Yudono

Abstract


Kapal wisata merupakan jenis kapal dengan fungsi memberikan pelayanan bagi wisatawan yang ingin menikmati aktivitas wisata bahari. Dalam kapal wisata terdapat unsur utama yang harus diperhatikan yaitu terpenuhinya standar kenyamanan, keamanan, dan keselamatan. Kapal Motor Wisata Bokori Pelabuhan Penyeberangan Desa sebagai kapal yang khusus melayani pergerakan wisatawan Pulau Bokori yang telah beroperasi selama delapan tahun. Jumlah wisatawan yang menggunakan jasa pelabuhan ini mencapai 40.194 penumpang pada tahun 2019 akan tetapi pelayanan pada kapal masih memiliki kekurangan salah satunya jumlah life jacket yang minim, sehingga adanya penelitian ini untuk melakukan evaluasi terhadap fasilitas pelayanan kapal berdasarkan presepsi penumpang agar kinerja pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Desa Bajoe tetap maksimal dalam melayani wisatawan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kinerja operasional, analisis deskriptif komparatif untuk mengidentifikasi fasilitas yang belum memenuhi standar pelayanan minimum, analisis IPA untuk mengidentifikasi kepuasan wisatawan terhadap pelayanan kapal, analisis QFD untuk menghasilkan respon teknis atribut layanan prioritas berdasarkan keinginan wisatawan. Hasil akhir dari penelitian ini berupa arahan pengembangan kapal di Pelabuhan Penyebrangan Desa Bajoe yang terdiri dari penambahan 1 buah kapal, penambahan jumlah life jacket, staff petugas keamanan, penyediaan lampu penerangan dan stiker nomor telepon darurat.

Keywords


Kapal-Motor; Wisata ; Kinerja-Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Asoliha, M. D. 2020. Evaluasi Aktivitas

Operasional Angkutan Penyeberangan

Lintas Merak - Bakauheni. Crane: Civil

Engineering Research Journal. 1(2):73-83.

Bolaji, A. K. 2020. Inland Water Transport And

Urban Mobility In Ikorodu-Ebutte Ero

Route, Lagos, Nigeria. Ilorin, Nigeria:

Geosfera Indonesia. 5(1):127-146.

Fauzy, S. M. 2019.Metode Sampling Edisi 2.

Banten. Alfabeta.

Firmansyah, D. S. 2020. Persepsi Dan Kepuasan

Pengunjung Objek Wisata Pulau Bokori

Kecamatan Soropia Provinsi Sulawesi

Tenggara. Journal Of Management. 4(3):

-586.

Hardani, E. A. 2020.Metode Penelitian Kualitatif

Dan Kuantitatif. Yogyakarta. Pustaka Ilmu

Grup.

Hariyani, I. W. 2020. Transportasi Air Penunjang

Keberlanjutan Suatu Negara. Malang. UB

Press.

Masjhoer, J. 2019. Pengantar Wisata Bahari.

Yogyakarta. Khittah Publishing.

Nadiye O. M. 2018. Quality function deployment:

more than a design tool. International

Journal of Quality and Service Sciences.

(2):142-166.

Nisaa, S. H. 2015.Implementation Of Integrated

Water Transport System For Accelerating

National Connectivity. Warta Penelitian

Perhubungan. 27(1):39-43.

Peraturan Menteri No.62 Tahun 2019 Standar

Pelayanan Minimal Angkutan

Penyeberangan di Kapal Penyebrangan.

Raekhan, E. A. 2017. Evaluasi Kinerja Bongkar

Muat Di Pelabuhan Umum Gresik. Jurnal

Transportasi. 17 (2) : 133-144.

Vatanavongs. 2016. The Complex Relationship

Between School Policy, Service Quality,

Satisfaction, And Loyalty For Educational

Tour Bus Services: A Multilevel Modeling

Approach, Transport Policy. 45(3):116-

Wahyuni, S. I. 2019. Analisis Perkembangan

Transportas Laut Dalam Wilayah

Sulawesi Untuk Mendukung Tol Laut.

Jurnal Venus. 07(13):62-83


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.