EVALUASI KINERJA OPERASIONAL DAN PELAYANAN BUS PENGUMPAN TRANSJAKARTA RUTE 1C

Sukma Dewi Kirana Tjondronegoro, Nailah Firdausiyah, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Pembangunan pesat di ibu kota yang menjadi faktor penarik adanya aktivitas di ibu kota menjadikan tingginya mobilitas masyarakat di ibu kota dalam menjalani hari. Transjakarta hadir dengan berbagai layanan salah satunya yaitu bus pengumpan Transjakarta Rute 1C yang diminati masyarakat karena melewati simpul moda transportasi dan berbagai pusat kegiatan harian di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional dan pelayanan Bus Pengumpan Transjakarta Rute 1C. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis distribusi frekuensi, analisis load factor, headway, travel time, dan ketersediaan angkutan, serta Importance-Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menyatakan bahwa kinerja operasional masih memerlukan peningkatan khususnya pada load factor yang hanya memiliki rata-rata load factor tertinggi 28%, terjadi keterlambatan headway mencapai 44 menit, travel time mencapai 52 menit 45 detik, serta ketersediaan angkutan sebesar 67%. Sedangkan pada kinerja pelayanan terdapat lima atribut kinerja pelayanan yang termasuk ke dalam hasil IPA Kuadran I, yakni ketersediaan kotak P3K di dalam bus, ketersediaan informasi rute/trayek di dalam bus, ketersediaan bus stop, ketersediaan CCTV yang aktif di dalam bus, dan ketersediaan tempat duduk prioritas bagi penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

Keywords


Transjakarta; Bus-Pengumpan; Kinerja-Pelayanan; Kinerja-Operasional; Importance-Performance-Analysis

Full Text:

PDF

References


Adam, A. M. 2020. Sample Size Determination in Survey Research. Journal of Scientific Research and Reports. doi:10.9734/JSRR/2020/v26i530263

BPS DKI Jakarta. 2022. Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Chu, R. K., & Choi, T. 2000. An importance-performance analysis of hotel selection factors in the Hong Kong hotel industry: A comparison of business and leisure travellers. Tourism Management, 21(4), 363-377. doi:10.1016/S0261-5177(99)00070-9

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2002. SK.687/AJ.206/DRJD/2002. SK.687/AJ.206/DRJD/2002. Jakarta.

Garber, N. J., & Hoel, L. A. 2009. Traffic and Highway. Engineering.

Hasan, M. I. 2001. Pokok-pokok Materi Statistik I (Statistik Deskriptif). Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, Y. 2017. Revitalisasi Metromini ke Minitrans Dinilai Terobosan Tepat. (O. Akbar, Pewawancara)

Kurniata, N. L. 2020. Dampak Ekonomi Pengoperasian Transjakarta Ditinjau dari Persepsi Pengguna. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 194-205.

PPID PT Transportasi Jakarta. 2022. Data Penumpang Bus Transjakarta. Jakarta: PT Transportasi Jakarta.

PPID PT Transportasi Jakarta. 2022. Layanan Bus - Pengumpan. Diambil kembali dari Transjakarta: https://transjakarta.co.id/produk-dan-layanan/layanan-bus/pengumpan/

PT Transportasi Jakarta. 2020. Annual Report 2020 : RESILIENS Andal Beradaptasi Mewujudkan Harapan. Jakarta: PPID PT Transportasi Jakarta.

Putri, R. M., Waloejo, B. S., & Wicaksono, A. D. 2023. Peningkatan Kinerja Operasional dan Kinerja Pelayanan Batik Solo Trans Koridor 2. Planning for Urban Region and Environment, 12(1), 85-96.

Saputra, S. D. 2020. Evaluasi Kinerja Operasional Angkutan Umum (Studi Kasus Bus Trans Jogja Trayek 5A). Yogyakarta: Repository UII.

Sedayu, A. 2014. Target Peningkatan Pelayanan Terminal Purwoasri Kediri Dengan Metode IPA dan QFD. Eco Rekayasa, 10(1), 7-16.

The International World Bank for Reconstruction and Development. 1986. Urban Transport. Washington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.