PERSEPSI WARGA DAN WISATAWAN TERHADAP PLACE IDENTITY KERATON KASEPUHAN KOTA CIREBON

Adinda Putri Oktaviani, Wara Indira Rukmi, Johannes Parlindungan

Abstract


Keraton Kasepuhan merupakan keraton pertama yang berdiri di Kota Cirebon dan memiliki keterkaitan langsung dengan sejarah masuknya berbagai suku, agama, dan budaya di Kota Cirebon. Keterkaitan antara Keraton Kasepuhan dengan sejarah Kota Cirebon serta keberadaan masyarakat menjadikan bentuk suatu identitas yang sejalan dengan pergerakan secara garis besar untuk melindungi tempat-tempat yang memiliki warisan budaya dan sejarah yang signifikan. Keraton Kasepuhan saat ini masih dikunjungi oleh wisatawan karena terdapat rumah Sultan, Museum Pusaka, dan bangunan kuno lainnya sehingga Keraton Kasepuhan juga termasuk sebagai wisata heritage dimana suatu objek heritage memiliki 2 fungsi peranan yaitu sebagai fokus aktivitas wisatawan serta elemen dalam membentuk suatu identitas tempat. Identitas objek menurut persepsi tiap individu seperti masyarakat sekitar maupun wisatawan belum tentu sama karena dapat dilihat dari beberapa aspek seperti bangunan bersejarah, sejarah, maupun aktivitasnya. Oleh karena itu, Penelitian ini mengkaji persepsi warga lokal dan wisatawan terhadap elemen place identity Kawasan Keraton Kasepuhan berdasarkan 4 aspek yaitu distinctiveness, continuity, self-efficacy, dan self-esteem sehingga tiap elemen dapat teridentifikasi dan diharapkan dapat menjadi acuan untuk peningkatan kualitas Keraton Kasepuhan Kota Cirebon sebagai tempat
bersejarah sekaligus wisata heritage. Place identity akan diidentifikasi dengan analisis deskriptif statistik bersumber dari hasil kuesioner. Hasil penelitian didapatkan identifikasi tiap indikator dari variabel place identity meliputi kondisi eksisting, potensi yang dapat dikembangkan, serta masalah yang dapat diatasi dengan lebih memperhatikan dan meningkatkan fasilitas Keraton Kasepuhan sebagai cagar budaya sekaligus wisata heritage

Keywords


Place-identity; Keraton; cagar-budaya

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Djunaedi, A., Sudaryono, S., & Suryo, D. 2013. Gerak Ruang Kawasan Keraton Kasepuhan. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota

Agustina, I. H., Djunaedi, A., Sudaryono, & Suryo, D. 2016. Spatial constructs of spiritual consciousness: The case of Keraton Kasepuhan in Cirebon, Indonesia

Breakwell, G. M. 1992. Processes of Self Evaluation: Efficacy and Estrangement. In G. M. Breakwell (Ed.), Social Psychology of Identity and the Self-concept. Surrey: Surrey University Press

Fisher, J. J. 2006. Creating Place identity: It’s Part of Human Nature. Course Description of Place, Identity and Difference. Built Environment Geography.

Gieling, J., & Ong, C. E. 2016. Warfare tourism experiences and national identity: The case of Airborne Museum ‘Hartenstein’ in Oosterbeek, the Netherlands. Tourism Management

Ginting, N., & Wahid, J. 2016. Defining Distinctiveness Aspect of Place identity in Urban Heritage Tourism. IPTEK Journal of Proceedings Series

Ginting, N., & Wahid, J. 2015. Exploring Identity’s Aspect of Continuity of Urban Heritage Tourism. Procedia - Social and Behavioral Sciences

Ginting, N. 2016. How Self-efficacy Enhance Heritage Tourism in Medan Historical Corridor, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences

Ginting, N. 2013. Identitas Tempat dan Pengaruhnya terhadap Pariwisata Heritage , Studi Kasus Kota Medan Indonesia. Jurnal Semitech

Gyerin, T. 2000. A Space for Place in Sociology. Journal of An¬nual Review Sociolog

Khairunnisa, H., Magfiroh, D., Widiya, & Khaerudin. 2021. Peran Keraton Kesepuhan Dalam Membangun Ekonomi Kearifan Lokal Cirebon Melalui Tradisi Pasar Muludan. Melancong : Jurnal Perjalanan Wisata, Destinasi, Dan Hospitalitas

Lalli, M. 1992. Urban-Related Identity: Theory, Measurement, and Empirical Findings. Journal of Environmental Psychology

Lemeshow, S. and David, J. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan (terjemahan). Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Nuryadi, A. 2018. Pengaruh Tourist Service Quality Terhadap Tourist Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Revisit Intention Wisatawan Ke Keraton Kasepuhan. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Pacescu, A., & Thiery, V. 2015. Building Place identity through Heritage. Postmodern Openings

Palmer, C, 1999, Tourism and The Symbols of Identity, Tourism Management

Paramitasari, A. U. 2017. Identifikasi Karakter Kawasan Cagar Budaya Pakualaman Yogyakarta.

Purnama, I. 2015. Konsep Tata Ruang dan Bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon

Relph, E. 1976. Place and placelessness.pdf. Pion Limited.

Rosmalia, D. 2015. Identifikasi elemen fisik kebudayaan kraton sebagai pembentuk ruang lansekap budaya kota cirebon. Media Matrasain

Setiawan, Adriani, B. S. 2020. Strategi Pelestarian Cagar Budaya Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Wisatawan Di Kota Cirebon

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Stebbins, R. 1997. Identity and cultural tourism. Annals of tourism research


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.