PERSEPSI WARGA DAN WISATAWAN TERHADAP PLACE IDENTITY KERATON KASEPUHAN KOTA CIREBON
Abstract
bersejarah sekaligus wisata heritage. Place identity akan diidentifikasi dengan analisis deskriptif statistik bersumber dari hasil kuesioner. Hasil penelitian didapatkan identifikasi tiap indikator dari variabel place identity meliputi kondisi eksisting, potensi yang dapat dikembangkan, serta masalah yang dapat diatasi dengan lebih memperhatikan dan meningkatkan fasilitas Keraton Kasepuhan sebagai cagar budaya sekaligus wisata heritage
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Djunaedi, A., Sudaryono, S., & Suryo, D. 2013. Gerak Ruang Kawasan Keraton Kasepuhan. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota
Agustina, I. H., Djunaedi, A., Sudaryono, & Suryo, D. 2016. Spatial constructs of spiritual consciousness: The case of Keraton Kasepuhan in Cirebon, Indonesia
Breakwell, G. M. 1992. Processes of Self Evaluation: Efficacy and Estrangement. In G. M. Breakwell (Ed.), Social Psychology of Identity and the Self-concept. Surrey: Surrey University Press
Fisher, J. J. 2006. Creating Place identity: It’s Part of Human Nature. Course Description of Place, Identity and Difference. Built Environment Geography.
Gieling, J., & Ong, C. E. 2016. Warfare tourism experiences and national identity: The case of Airborne Museum ‘Hartenstein’ in Oosterbeek, the Netherlands. Tourism Management
Ginting, N., & Wahid, J. 2016. Defining Distinctiveness Aspect of Place identity in Urban Heritage Tourism. IPTEK Journal of Proceedings Series
Ginting, N., & Wahid, J. 2015. Exploring Identity’s Aspect of Continuity of Urban Heritage Tourism. Procedia - Social and Behavioral Sciences
Ginting, N. 2016. How Self-efficacy Enhance Heritage Tourism in Medan Historical Corridor, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences
Ginting, N. 2013. Identitas Tempat dan Pengaruhnya terhadap Pariwisata Heritage , Studi Kasus Kota Medan Indonesia. Jurnal Semitech
Gyerin, T. 2000. A Space for Place in Sociology. Journal of An¬nual Review Sociolog
Khairunnisa, H., Magfiroh, D., Widiya, & Khaerudin. 2021. Peran Keraton Kesepuhan Dalam Membangun Ekonomi Kearifan Lokal Cirebon Melalui Tradisi Pasar Muludan. Melancong : Jurnal Perjalanan Wisata, Destinasi, Dan Hospitalitas
Lalli, M. 1992. Urban-Related Identity: Theory, Measurement, and Empirical Findings. Journal of Environmental Psychology
Lemeshow, S. and David, J. 1997. Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan (terjemahan). Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Nuryadi, A. 2018. Pengaruh Tourist Service Quality Terhadap Tourist Satisfaction Serta Implikasinya Terhadap Revisit Intention Wisatawan Ke Keraton Kasepuhan. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.
Pacescu, A., & Thiery, V. 2015. Building Place identity through Heritage. Postmodern Openings
Palmer, C, 1999, Tourism and The Symbols of Identity, Tourism Management
Paramitasari, A. U. 2017. Identifikasi Karakter Kawasan Cagar Budaya Pakualaman Yogyakarta.
Purnama, I. 2015. Konsep Tata Ruang dan Bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon
Relph, E. 1976. Place and placelessness.pdf. Pion Limited.
Rosmalia, D. 2015. Identifikasi elemen fisik kebudayaan kraton sebagai pembentuk ruang lansekap budaya kota cirebon. Media Matrasain
Setiawan, Adriani, B. S. 2020. Strategi Pelestarian Cagar Budaya Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Wisatawan Di Kota Cirebon
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Stebbins, R. 1997. Identity and cultural tourism. Annals of tourism research
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.