EVALUASI TARIF SUROBOYO BUS RUTE PURABAYA-RAJAWALI BERDASARKAN ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY
Abstract
Tarif non tunai Suroboyo Bus dirasa masih cukup berat terutama bagi masyarakat yang menggunakan Suroboyo Bus untuk perjalanan pulang – pergi dan perjalanan sehari – hari. Biaya transportasi yang mahal akan membuat masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dasar lainnya. Suroboyo Bus merupakan transportasi umum yang diharapkan dapat menjadi moda sehari – hari bagi berbagai kalangan. Oleh karena itu, penelitian terkait evaluasi tarif dengan pendekatan ability to pay dan willingness to pay pengguna Suroboyo Bus dilakukan. Analisis yang digunakan yaitu statistika desktriptif frekuensi, analisis ability to pay, analisis willingness to pay, dan analisis crosstab. Berdasarkan hasil survei, secara keseluruhan pengguna Suroboyo Bus mengeluarkan rata – rata biaya transportasi sebesar 12% dari total pendapatannya. Berdasarkan hasil analisis, nilai ATP dan WTP pengguna pelajar/mahasiswa lebih tinggi dari tarif eksisting. Nilai WTP pengguna pelajar/mahasiswa lebih tinggi dari tarif eksisting. Untuk pengguna umum, nilai ATP pengguna umum berada lebih tinggi dari tarif eksisting, sedangkan nilai WTP pengguna umum lebih rendah dari tarif eksisting. Hasil titik temu antara ATP dan WTP pelajar/mahasiswa sebesar Rp 2.900, sedangkan titik temu ATP dan WTP pengguna umum yaitu Rp 3.500. Berdasarkan hubungan antara ATP dan WTP, maka terdapat tarif eksisting yang berada di atas nilai WTP pengguna. Oleh karena itu, pemerintah dapat melakukan peningkatan pelayanan guna meningkatkan nilai WTP pengguna minimum hingga tarif yang berlaku. Hasil uji chi-square menunjukkan bahwa karakteristik usia, jumlah pendapatan, biaya transportasi, maksud perjalanan, dan frekuensi perjalanan memiliki hubungan dengan ATP dan juga WTP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwitasari, R. 2018. Kemampuan dan Kemauan Membayar (ATP-WTP) Calon Pengguna Angkutan Umum Light Rail Transit (LRT) di Yogyakarta. Jakarta Pusat. Jurnal Transportasi Multimoda.
Firmansyah, R. A., & Putra, K. H. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Transportasi Umum “Suroboyo Bus” Rute Halte Rajawali-Terminal Purabaya Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Surabaya. ITATS
Haniff, A., & Syafriharti, R. 2017. Hubungan Pemilihan Moda dengan Karakteristik Sosial Ekonomi dan Jarak Perjalanan Penglaju dari Kota Cimahi ke Kota Bandung dengan Maksud Bekerja. Bandung. Jurnal Wilayah dan Kota.
Jaensirisak, S., Luathep, P., & Paksarsawan, S. 2017. Willingness and Ability to Pay for a New Public Transport: a Case Study of Korat City, Thailand. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies.
Jhon, F., Sitorus, P., Fassa, F., & Nurhidayah, F. 2018. Analisis Kesediaan Membayar Kereta Commuter Line Cikarang. Jakarta. Prosiding Semnastek.
Lestari, M. W. 2016. Analisis Kelayakan Tarif Batik Solo Trans (BST) Ditinjau dari Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Surakarta. Simposium Nasional RAPI XV.
Lestari, P., Utomo, D., & Nurhidayat, A. 2019. Analysis of Ability to Pay and Willingness to Pay of Aircraft passengers toward Jakarta Surabaya High-Speed Train. 11th APTE.
Nasution, L. M. 2017. Statistik Deskriptif. Medan. Hikmah.
Prajitno, A. F. H., Machsus, M., Basuki, R., Arifin, S., Sukobar, S., Moeljono, T., & Satyaning Budhi, W. 2018. Analisa Pola Perjalanan dan Karakteristik Penumpang Bus Trans Sidoarjo. Surabaya. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil.
Sarwandy, M. H. A., Arliansyah, J., & Fitriani, H. 2019. The Analysis of Ability to Pay (ATP) and Willingness to Pay (WTP) on Light Rail Transit (LRT) Tariff in Palembang. Journal of Physics: Conference Series.
Utomo, N., Sholichin, I., & Wiradiansyah, P. 2020. Suroboyo Bus Fares Sufficiency with Willingness to Pay Aspects : Case Study: Purabaya Bus Station – Rajawali Shelter. Surabaya. CI-TECH
Zohra. 2018. Analisis Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) untuk Penentuan Tarif pada Perencana Angkutan Umum BRT di Kota Pontianak. Pontianak. JeLAST.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.