EVALUASI KUALITAS RUANG PUBLIK BERDASARKAN PUBLIC SPACE INDEX (STUDI KASUS: ALUN-ALUN BLORA, KECAMATAN BLORA)

Mahisma Driya Karenggani, Wisnu Sasongko, Johannes Parlindungan

Abstract


Alun-Alun Blora merupakan salah satu ruang terbuka publik di Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Seiring berkembangnya zaman, fungsi Alun-Alun berubah menjadi taman publik aktif yang berfungsi sebagai tempat pusat kegiatan masyarakat. Namun pemanfaatan Alun-alun Blora hanya ramai pada malam hari, karena kondisi lingkungan kota yang cenderung panas dan kering. Berbagai fasilitas juga ditemui tidak terawat dengan baik seperti lampu, pot bunga, kursi, dan tempat sampah. Kurangnya pemanfaatan Alun-alun Blora juga ditunjukkan oleh adanya rencana pemerintah untuk optimalisasi fungsi Alun-Alun Blora melalui pengembangan atau revitalisasi. Maka perlu adanya evaluasi terhadap kualitas Alun-Alun Blora sebagai ruang publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menyusun rekomendasi penataan Alun-Alun Blora berdasarkan pola pemanfaatan ruang oleh pengunjung dan hasil evaluasi kualitas ruang publik. Analisis yang digunakan yaitu Behavior Mapping dan Behavior Setting; Simpson’s Diversity Index, Public Space Index, dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek inclusiveness pada Alun-Alun Blora memiliki nilai tertinggi, yang kemudian diikuti dengan aspek meaningful activities, comfort, safety, dan pleasurability. Alun-Alun Blora memiliki nilai yang paling tinggi pada aspek inklusivitas yaitu mencapai 85,43. Kemudian nilai aspek meaningful activities bernilai 58,03; aspek comfort bernilai 52,10; dan aspek safety bernilai 50,93. Sedangkan aspek terendah ada pada aspek pleasurability dengan nilai indeks 43,06. Hal tersebut mengindikasikan Alun-Alun bersifat lebih inklusif, yaitu dapat mewadahi aktivitas dan pengguna yang beragam. Namun meski demikian, aspek pleasurability, safety, dan comfort perlu mendapat perhatian lebih dalam meningkatkan kualitas Alun-Alun. 


Keywords


Ruang-Publik; Alun-Alun; Evaluasi; Public-Space-Index

Full Text:

PDF

References


Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blora. 2016. RPJMD Blora Tahun 2016 - 2021. Blora: Bappeda.

Budiharjo, E., & Djoko, S. 2013. Kota Berkelanjutan. Bandung: IKAPI.

CABE. (2013). The Impact on Physical and Mental Health. Exchange Organizational Behavior Teaching Journal.

Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Blora. (2019). Database Taman Kabupaten Blora 2019. Blora: Pemerintah Kabupaten Blora

Evans, J., Evans, S. Z., Morgan, J. D., Snyder, J. A., & Abderhalden, F. P. (2019). Evaluating the quality of mid-sized city parks: a replication and extension of the Public Space Index. Journal of Urban Design, 24(1), 119–136.

Francis, M. 1987. Advances in Environment, Behavior, and Design. Advances in Environment, Behavior, and Design (Issue January 1987). Plenum Press.

Laurens, J. M. 2007. Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta. PT Grasindo.

Mehta, V. 2014. Evaluating Public Space. Journal of Urban Design, 19(1), 53–88.

Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sasongko, W., Kurniasanti, R. P., & Siregar, J. P. 2017. The development concept of Taman Aloon-Aloon Tulungagung based on visual accessibility, diversity of activities and perception of users. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 70(1), 1– 10.

Setiono, A. 2011. Ensiklopedi Blora: Arsitektur dan Tata Kota Tradisional di Jawa. Blora: The Heritage Society.

Sommer, R., & Sommer, B. 2002. A Practical Guide to Behavioral Research: Tools and Techniques. New York: Oxford Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.