PENGARUH DESTINATION IMAGE KOTA MALANG TERHADAP TOURIST LOYALTY

Novresheila Estu Yadindrima, Aris Subagiyo, Agus Dwi Wicaksono

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor dengan kontribusi pendapatan tertinggi di Indonesia. Pertumbuhan sektor pariwisata nasional juga tercermin pada Kota Malang, salah satu Kota di Jawa Timur sebagai salah satu sektor potensial, dilihat dari terus meningkatnya kunjungan wisata tiap tahunnya.  Namun sektor pariwisata tidak termasuk dalam lima kategori lapangan usaha yang paling berkontribusi terhadap struktur perekonomian Kota Malang (BPS, 2019). Usaha menumbuhkan peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Malang dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang melalui banyak upaya. Salah satunya adalah dengan menggunakan slogan marketing seperti ‘Beautiful Malang’, atau ‘Welcoming Malang’.  Namun, angka kunjungan Kota Malang yang belum bisa bersaing dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu dan rendahnya kontribusi pariwisata terhadap PDRB Kota, menunjukkan dengan jelas bahwa Kota Malang belum memiliki citra kota (destination image) yang kuat bagi calon wisatawan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti mengenai model teoritis destination branding sebagai cara untuk mengeksplorasi potensi Kota Malang sebagai destinasi wisata yang dipilih oleh calon wisatawan, dengan cara mengukur pengaruh dimensi-dimensi dalam destination image terhadap tourist loyalty. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengetahui dan menganalisis persepsi brand image yang dimiliki oleh wisatawan Kota Malang, yang hasilnya dapat digunakan sebagai dasar pembangunan konsep destination branding yang kuat dan dapat menghasilkan identifikasi dan diferensiasi Kota Malang sebagai destinasi wisata di benak targetnya, sebagaimana fungsi destination branding.

Keywords


Pariwisata; Destination-Branding; Destination-Image; Tourist-Loyalty; Analisis SEM-PLS

Full Text:

PDF

References


Artuğer, S., Çetinsöz, B. C., & Kılıç, İ. 2013. The Effect Of Destination Image On Destination Loyalty: An Application In Alanya. European Journal Of Business And Management. 5(13): 124-136.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang. 2019. Kabupaten Malang Dalam Angka Tahun 2019. Malang. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. 2019. Kota Batu Dalam Angka Tahun 2019. Batu. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2019. Kota Malang Dalam Angka Tahun 2019. Malang. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kota Malang. 2019. Kota Malang Dalam Angka Tahun 2019. Malang. Badan Pusat Statistik.

Baloglu, S., & Brinberg, D. 1997. Affective Images Of Tourism Destinations. Journal Of Travel Research. 35(4):11-15.

Baloglu, S., & McCleary, K. W. 1999. A Model Of Destination Image Formation. Annals Of Tourism Research. 26(4), 868-897.

Basaran, U. 2016. Examining The Relationships Of Cognitive, Affective, And Conative Destination Image: A Research On Safranbolu, Turkey. International Business Research. 9(5):164-179.

Benedek, J. 2017. Measuring Place Brand Equity: A Review Of Current Models. Journal Of Media Research-Revista De Studii Media. 10(27):42-57.

Ekinci, Y. 2003. From Destination Image To Destination Branding: An Emerging Area Of Research. E-Review Of Tourism Research. 1(2):21-24.

Garson, G. D. 2016. Partial Least Squares. Regression And Structural Equation Models. Statistical Publishing Associates.

Hanna, S., & Rowley, J. 2008. An Analysis Of Terminology Use In Place Branding. Place Branding And Public Diplomacy. 4(1):61-75.

Haryati, T., & Wahid, J. 2018. Pengaruh City Branding “Beautiful Malang”, Citra Kota, Terhadap Minat Berkunjung, dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 5(2):123-132.

Kanwel, S., Lingqiang, Z., Asif, M., Hwang, J., Hussain, A., & Jameel, A. 2019. The Influence Of Destination Image On Tourist Loyalty And Intention To Visit: Testing A Multiple Mediation Approach. Sustainability. 11(22):6401.

Marczak, M. 2018. Branding As An Essential Element Of The Of Destination Management Process Using The Example Of Selected States. Nauki O Zarządzaniu. 23(2):29-40.

Oppermann, M. 2000. Tourism Destination Loyalty. Journal Of Travel Research. 39(1):78-84.

Pereira, L. A., Limberger, P. F., Flores, L. C. D. S., & Pereira, M. D. L. 2018. An Empirical Investigation Of Destination Branding: The Case Of The City Of Rio De Janeiro, Brazil. Sustainability. 11(1):1-17.

Pereira, R. L., Correia, A. L., & Schutz, R. L. 2012. Destination Branding: A Critical Overview. Journal Of Quality Assurance In Hospitality & Tourism. 13(2):81-102.

Pike, S. 2009. Destination Brand Positions Of A Competitive Set Of Near-Home Destinations. Tourism management, 30(6):857-866.

Qu, H., Kim, L. H., & Im, H. H. 2011. A Model Of Destination Branding: Integrating The Concepts Of The Branding And Destination Image. Tourism Management. 32(3):465-476.

Sayoko, J., & Wikantiyoso, R. 2019. Kajian Citra Kota Dalam Branding City Beautiful Malang. Mintakat: Jurnal Arsitektur. 20(1):19-31.

Sugiyono, Nuryanto, A. 2007. Statistika untuk penelitian. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Veríssimo, J. M. C., Tiago, M. T. B., Tiago, F. G., & Jardim, J. S. 2017. Tourism destination brand dimensions: an exploratory approach. Tourism & Management Studies. 13(4):1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.