PENGARUH TATA GUNA TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA JALAN RAYA SEKARPURO, KABUPATEN MALANG

M. Bobby Cahyadi Pulungan, Nailah Firdausiyah, Budi Sugiarto Waloejo

Abstract


Peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya berbanding lurus dengan kenaikan volume lalu lintas pada Kabupaten Malang. Hal ini menyebabkan terjadinya angka kemacetan yang cukup tinggi. Adanya rencana pengembangan pada ruas Jalan Raya Sekarpuro, ditambah lagi sebagai salah satu jalan penghubung dari Kabupaten Malang menuju Kota Malang dan arus menerus dari Exit Tol Malang mmberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pergerakan kendaraan di Kecamatan Pakis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata guna lahan terhadap tingkat pelayanan jalan pada Jalan Raya Sekarpuro sehingga mengetahui nilai dari kinerja jalan pada Jalan Raya Sekarpuro. Variabel yang digunakan pada penelitian ini berupa kapasitas jalan, permodelan guna lahan, serta volume lalu lintas. Adapun untuk menganalisis datanya menggunakan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik jalan dan guna lahan, analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis permodelan guna lahan, serta analisis kinerja jalan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan kinerja jalan Jalan Raya Sekarpuro pada weekday bernilai B dengan rasio sebesar 0.44 pada pukul 15.00–16.00 WIB dengan kontribusi volume internal sebesar 14%, volume jalan lingkungan sebesar 19%, dan volume menerus sebesar 67%. Sedangkan pada weekend, kinerja jalan Jalan Raya Sekarpuro bernilai C dengan rasio sebesar 0.54 pada pukul 12.00–13.00 WIB dengan kontribusi volume internal sebesar 12%, volume jalan lingkungan sebesar 2%, dan volume menerus sebesar 85%.

Keywords


Jalan, Tata-Guna-Lahan, Bangkitan-Tarikan-Pergerakan, Volume-Lalu-Lintas, Kinerja-Jalan

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, S. A. 2011. Perencanaan

Pembangunan Transportasi. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik. 2021. Kabupaten Malang

Dalam Angka 2021.

Badan Pusat Statistik Kecamatan Pakis. 2021.

Kecamatan Pakis Dalam Angka 2021.

BPS Kabupaten Malang. 2021. Kecamatan Pakis

dalam Angka 2021. Kabupaten Malang: BPS

Kabupaten Malang.

Feby Ayu Lestari, Y. A. 2014. Analisis Dampak

Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat

Perbelanjaan di Kawasan Pasar Pagi

Pangkalpinang Terhadap Kinerja Ruas Jalan.

Jurnal Fropil Universitas Bangka Belitung Vol

No.1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waloejo, B. S. 2017. Road Network - Land Use

Interaction Model: Malang City in

Indonesian Case. IOP Conference Series:

Earth and Environmental Science,

1088/1755-1315/70/1/012005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.