TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA AIR TERJUN RORO KUNING DAN BUKIT SURGA

Dhimas Auliayudi Adji Prakoso, Dian Dinanti, Agus Dwi Wicaksono

Abstract


Salah satu destinasi wisata lama di Kabupaten Nganjuk adalah objek wisata Air Terjun Roro Kuning yang sudah dibuka lebih dari 20 tahun. Beberapa atraksi dan fasilitasnya sudah mengalami kerusakan. Kondisi tersebut berbeda dengan objek wisata yang baru saja dibuka pada tahun 2019 yaitu Bukit Surga. Objek wisata Bukit Surga memiliki lebih banyak atraksi serta fasilitas wisata yang masih terjaga. Kepuasan wisatawan dan intensitas kunjungan wisatawan dipengaruhi oleh kondisi fisik objek wisata, sehingga setiap objek wisata harus terjaga keasriannya agar terhindar dari kerusakan (Prawerti, Mananda, & Dewi, 2015). Perbedaan kondisi fisik kedua objek wisata tersebut tentu saja dapat menimbulkan perbedaan tingkat kepuasan wisatawan. Sehingga peniliti tertarik untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan di objek wisata Air Terjun Roro Kuning dan Bukit Surga. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis behavior mapping, Importance Performance Analysis (IPA), dan crosstab. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa wisatawan cenderung lebih memiliki tingkat kepuasan tinggi terhadap objek wisata baru (Bukit Surga) yang memiliki kondisi fisik yang masih bagus serta memiliki banyak macam daya tarik yang dapat digunakan oleh semua umur. Sedangakan kepuasan wisatawan akan cenderung menurun terhadap objek wisata yang memiliki kondisi fisik yang buruk atau tidak terawat (Objek Wisata Air Terjun Roro Kuning). Selain itu di kedua objek wisata usia muda masih mendominasi atraksi paling banyak diminati Yaitu Air Terjun Roro Kuning dan area love garden. Oleh karena itu diperlukan inovasi serta perbaikan kondisi fisik pada Objek Wisata Air Terjun Roro Kuning untuk meningkatkan kepuasan serta mempertahankan jumlah wisatawan.

Keywords


Kepuasan-Wisatawan; Behaviour-Mapping; Importance-Performance-Analysis; Crosstab

Full Text:

PDF

References


Deviana, S. M. 2019. Pengaruh Aksesibilitas, Tarif, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Pantai Nglambor Gunungkidul Yogyakarta. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Hutasoit, R. M. 2021 Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Pendukung di Objek Wisata Sipinsur, Sumatera Utara. Jurnal Pariwisata, 1-13.

Isabari, A. S., Amani, H., & Sagita, B. H. 2021. Perbaikan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy-Servqual dan Importance Performance Analysis Pada Objek Wisata Pantai Pangandaran. e-Proceeding of Engineering, (pp. 8627-8637).

Jushendriawati. 2021. Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Warung Terapung (Water) Amassangan Kecamatan Malangke Barat. Skripsi. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kumawati, N. P. 2021. Pengaruh Atraksi dan Amenitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan pada Twin Hill Stone Garden Kabupaten Bangli Tahun 2019. Arthaniti Studies, 7-15.

Sahara, F. N., Iqbal, M., & Sanawiri, B. 2016 Analisis Motivasi Berkunjung Wisatawan dan Tingkat Pengetahuan Wisatawan Tentang Produk Industri Kreatif Sektor Kerajinan. Jurnal Adminsitrasi Bisnis, 146-154.

Satya, I. G., Hartawan, I. P., & Gunawarman, A. A. 2022. Penerapan Pendekatan Arsitektur Perilaku dalam Children Care Center di Kabupaten Badung, Bali. UNDAGI: Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas Warmadewa, 188-197.

Silvandi, G. O., & Mandalia, S. 2021. Pengembangan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Menerapkan Aspek Pariwisata 3S . I-TOURISM, 69-81.

Susetyarini, O., & Masjhoer, J. M. 2011. Pengukuran Ringkat Kepuasan Wisatawan Terhadap Fasilitas Umum, Prasarana Umum, dan Fasilitas Pariwisata di Malioboro Pascarevitalisasi Kawasan. Jurnal Kepariwisataan, Vol 6.

Trihendradi, C. 2011. Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 19. Jakarta. Andi Publisher.

Tunjungsari, K. R. 2018. Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Mancanegara di Kawasan Sanur dan Canggu, Bali. Bali. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.