TINGKAT REDUKSI SAMPAH RUMAH TANGGA DI DESA KENDALPAYAK PADA TPS 3R LANGGENG JAYA

Ariadna Raeza Ayuningtias, Christia Meidiana, Ismu Rini Dwi Ari

Abstract


Permasalahan pengelolahan sampah telah menjadi perhatian Pemerintah Republik Indonesia, oleh sebab itu untuk mengatur tata kelola persampahan yang baik maka diterbitkanlah peraturan tentang pengelolaan sampah yang menyatakan bahwa pengelolaan sampah terbagi menjadi dua kegiatan pokok, yaitu pengurangan sampah dan penanganan sampah. Salah satu implementasi dalam pengurangan sampah adalah dengan menyediakan TPS 3R. Desa Kendalpayak merupakan desa kedua yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Kecamatan Pakisaji, yaitu 10.252 jiwa. Semakin besar jumlah penduduk, maka semakin tinggi pula timbulan sampahnya. Desa Kendalpayak memiliki 1 unit TPS 3R, yaitu TPS 3R Langgeng Jaya. TPS 3R Langgeng Jaya mulai berdiri pada Tahun 2020. Saat ini pelanggan di TPS 3R Langgeng Jaya adalah 650 KK. Dengan demikian, TPS 3R Langgeng Jaya hanya melayani 20% masyarakat yang ada di Desa Kendalpayak. Pengurangan sampah menjadi fokus pada penelitian ini yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional TPS 3R Langgeng Jaya dalam mengelola sampah di Desa Kendalpayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja operasional TPS 3R dan analisis mass balance. Hasil dari penelitian ini adalah TPS 3R Langgeng Jaya mendapat kategori berfungsi baik. Dalam reduksinya, TPS 3R Langgeng Jaya berhasil mereduksi sampah yang masuk ke TPS 3R sebesar 66%. Apabila dibandingkan dengan sampah desa, maka TPS 3R Langgeng Jaya berhasil mereduksi sebesar 13%. Dengan dilakukannya potensi reduksi sampah, TPS 3R Langgeng Jaya berpotensi meningkatkan reduksinya untuk sampah yang masuk ke TPS 3R sebesar 90% dan untuk sampah di Desa Kendalpayak sebesar 48%.


Keywords


TPS-3R; Kinerja-Operasional-TPS3R; Reduksi-Sampah

Full Text:

PDF

References


Dewi, M. 2020. Evaluasi dan Pengembangan Aspek Teknis TPS dan TPS 3R di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. TECNOSCIENZA. Vol.5, No.1, 59-72.

Rizani, M. D., Antariksa, Surjono, & Dwi Ari, I. R. 2016. Waste Management Strategy in Urban Areas to Achieve the Service Target (A Case Study on Waste Management in Mojokerto, Indonesia). Journal of Applied Sciences Research. Vol.12, No.1, 18-22.

Kecamatan Pakisaji Dalam Angka 2021. 2021.

Kustono, D., Nurnaningsih, Solichin, & S. K. 2018. Sosialisasi Waste Treatment Cycle di Desa Pakisaji. Jurnal KARINOV. Vol.1, No.1.

Meidiana, C., & Mashita, D. 2017. A Mass Balance Method for Assessing Emergy Benefit of Assessing Emergy Benefit ot Waste Mining for Refuse Derived Fuel Production. International Journal of Environmental Science and Development, Vol.8, No. 6.

Natalia, L., Wihardja, H., & Ningsih, P. W. 2021. Pendampingan Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat Dengan Konsep 3r di Desa Sukaluyu. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ) Royal, Vol.4, No.1, 21-26.

Permukiman, D. P. 2020. Pedoman Teknis Pelaksanaan TPS 3R . Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pradiptiyas, D. 2018. Kajian Tempat Pengolahan Sampah (TPS)3R Di Kecamatan Manyar, Gresik. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Ratri, I. S. 2021. Peran TPST dan TPS 3R dalam

Mereduksi Sampah di Kota Batu. Malang: Universitas Brawijaya. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Setiyawan, A. 2019. Strategi Perlakuan Terhadap Kualitas Air Sungai Metro di Ruas Pakisaji-Kepanjen di Kecamatan Pakisaji-Kepanjen Kabupaten Malang. Karta Rahardja, Vol.1, No.2, 15-30.

Sudarman. 2020. Meminimalkan Daya Dukung Sampah Terhadap Pemanasan Global. Provesional Vol 8, ISSN 1693-3745, 51-59.

Suryanto, D. A., & Susilowati, D. 2005. Kajian Potensi Ekonomis Dengan Penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) Pada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kota Depok. Seminar Nasional PESAT 2005. Jakarta.

Tchobanoglous, G. T., & Vigil, S. A. 1993. Integrated Solid Waste Management: Engineering Princiole and Management Issue . New York: McGraw Hill Inc.

Hisup, D.L. 2014. Masterplan Persampahan Kabupaten Malang Tahun 2014. .

Zubair, A., & Haeruddin. 2012. Studi Potensi Daur Ulang Sampah. Jurnal Penelitian Enjiniring Volume 6.

Zuraida, N. 2020, April 17. Fasilitas Pengelolaan Sampah TPS, TPS 3R, TPST, dan TPA beserta Fungsinya. Retrieved from Waste 4 Change. Diakses pada 11 Juli 2023 melalui https://waste4change.com/blog/fungsi-tps-tps-3r-tpst-dan-tpa/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.