EVALUASI GEOMETRI JALAN UNTUK MENDUKUNG JALUR SEPEDA DI JALAN MARGONDA RAYA KOTA DEPOK

Farah Salsabila Puteri, Eddi Basuki Kurniawan, Ismu Rini Dwi Ari

Abstract


Transportasi sepeda merupakan transportasi berwawasan lingkungan dan berkelanjutan yang terus berkembang dan dipromosikan sebagai transportasi perkotaan. Meskipun sepeda merupakan salah satu bagian dari solusi permasalahan transportasi perkotaan, sepeda juga menjadi tantangan yang harus dihadapi terutama dalam faktor keamanan, kenyamanan, dan keselamatan dalam akesibilitas perkotaan. Tantangan tersebut harus dihadapi dengan peningkatan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan dengan mengupayakan penyediaan fasilitas bersepeda. Oleh karena itu, penyediaan jalur sepeda dengan memperhatikan pada kondisi geometri jalan sangat penting. Hal ini dikarenakan dapat mencegah terjadinya konflik antar pengguna jalan terhadap bagian jalan yang digunakan. Kota Depok merupakan bagian dari Rencana Strategis Jabodetabek-punjur yang salah satu pengembangannya adalah berkonsep TOD. Jalur sepeda merupakan salah satu bagian dari perencanaan TOD sehingga jalur sepeda di Jalan Margonda Raya Kota Depok sudah menjadi salah satu kebutuhan transportasi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi geometri jalan guna mendukung keberadaan jalur sepeda yang nyaman dan aman. Penelitian ini dilakukan  proses evaluasi geometri jalan dilakukan dengan melihat kesesuaikan dengan peraturan PP No. 34 Tahun 2006 Tentang Jalan dan Pedoman Perancangan Fasilitas Pesepeda Direktorat Jenderal Bina Marga No. 05/P/BM/2021. Hasil dari penelitian ini menyatakan belum mendukung kesesuaian geometri jalan secara keseluruhan dan geometri jalan jalur sepeda untuk mendukung terciptanya jalur sepeda yang nyaman dan aman.

Keywords


Jalur-Sepeda; Jalan-Margonda-Raya; Geometri-Jalan

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, O., Astuti, W., & Mukaromah, H. 2020. Hubungan Pemanfaatan Lahan dan Volume Pergerakan di Jalan Margonda Raya Kota Depok: https://www.researchgate.net/publication/338446171_Hubungan_pemanfaatan_lahan_dengan_volume_pergerakan_di_Jalan_Margonda_Raya_Kota_Depok

Arifianto, B. 2017. Jalur Sepeda Depok Tak Berfungsi, Malah Jadi Lahan Parkir. PikiranRakyat.Com.

Helaluddin, & Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitiatif. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hendrawan, H., & Amelia, S. 2018. Evaluasi Efektivitas Penyediaan Jalir Sepeda Pada Jalan Perkotaan: https://www.researchgate.net/publication/339840395_Evaluasi_Efektivitas_Penyediaan_Jalur_Sepeda_pada_Jalan_Perkotaan

Irawati, S., Agustin, I. W., & Ari, I. R. 2022. Factors Affecting Commuter's Intentions in Using Park and Ride (P&R) Facilities Based on Theory of Planned Behavior: https://civense.ub.ac.id/index.php/civense/article/view/369

Rusmandani, P., Arifin, Z., & Wicaksono, A. 2015. Perencanaan Implementasi Jalur Sepeda Kota Tegal.Vol. 9 No. 1. Anggraeni, O., Astuti, W., & Mukaromah, H. 2020. Hubungan Pemanfaatan Lahan dan Volume Pergerakan di Jalan Margonda Raya Kota Depok: https://www.researchgate.net/publication/338446171_Hubungan_pemanfaatan_lahan_dengan_volume_pergerakan_di_Jalan_Margonda_Raya_Kota_Depok

Arifianto, B. 2017. Jalur Sepeda Depok Tak Berfungsi, Malah Jadi Lahan Parkir. PikiranRakyat.Com.

Helaluddin, & Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitiatif. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hendrawan, H., & Amelia, S. 2018. Evaluasi Efektivitas Penyediaan Jalir Sepeda Pada Jalan Perkotaan: https://www.researchgate.net/publication/339840395_Evaluasi_Efektivitas_Penyediaan_Jalur_Sepeda_pada_Jalan_Perkotaan

Irawati, S., Agustin, I. W., & Ari, I. R. 2022. Factors Affecting Commuter's Intentions in Using Park and Ride (P&R) Facilities Based on Theory of Planned Behavior: https://civense.ub.ac.id/index.php/civense/article/view/369

Rusmandani, P., Arifin, Z., & Wicaksono, A. 2015. Perencanaan Implementasi Jalur Sepeda Kota Tegal.Vol. 9 No. 1: https://rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/299

Yoga, P., Wicaksono, A., & Kurniawan, E. B. 2010. Manajemen Lalu Lintas Untuk Mengatasi Masalah Tundaan Pada Ruas Jl. Ranugrati Kota Malang. Vol 2 No.2: https://tatakota.ub.ac.id/index.php/tatakota/article/view/108/106


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.