PENGARUH GUNA LAHAN PERDAGANGAN DAN JASA TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN DIPONEGORO KABUPATEN SIDOARJO

Muhammad Yus Fayan Syan, Budi Sugiarto Waloejo, Fauzul Rizal Sutikno

Abstract


Jalan Diponegoro merupakan salah satu jalan nasional di Kabupaten Sidoarjo memiliki fungsi kawasan sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan dan jasa, serta menjadi penghubung bagi pergerakan internal dan eksternal wilayah Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. Fungsi kawasan perdagangan dan jasa pada Jalan Diponegoro menyebabkan adanya peningkatan volume lalu lintas, sehingga mempengaruhi tingkat pelayanan jalan pada jam puncak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui volume dari guna lahan melalui pemodelan guna lahan beserta pengaruhnya terhadap kondisi lalu lintas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah analisis korelasi-parsial, analisis regresi linier berganda, analisis kinerja jalan, dan pengaruh tarikan guna lahan terhadap kinerja jalan. Model guna lahan yang dihasilkan antara lain YPerumahan = (-0,771 + 0,843 (X2) + 0,012 (X1), YPendidikan = (2,378 + 0,21 (X8) + 0,033 (X­5), YKesehatan = (-6,052 + 0,260 (X12) + 0,182 (X­9), YPerkantoran = (-2,550 + 0,579 (X16) + 0,065 (X­13), YPerdagangan dan Jasa = (-32,714 + 0,48 (X64) + 0,355(X62) + 0,345 (X61). Hasil penerapan model guna lahan menunjukkan bahwa pengaruh guna lahan terhadap kinerja jalan adalah sebesar 19,05% pada hari kerja (weekday) dari volume lalu lintas total, sedangkan pada hari libur (weekend) pengaruh dari guna lahan terhadap kinerja jalan adalah sebesar 17,26% dari volume lalu lintas total. Volume arus lalu lintas pada jam puncak hari kerja (weekday) terjadi pada jam 06.00-07.00 WIB, 10.00-11.00 WIB, dan 16.00-17.00 WIB, dengan Los masing-masing bernilai E (0,91) pada pagi hari, D (0,78) pada siang hari, dan E (0,88) pada sore hari. Manajemen lalu lintas yang diterapkan pada Jalan Diponegoro adalah manajemen kapasitas dengan cara pembatasan aktivitas parkir di sekitar jalan, dan pelebaran Jalan, hasil dari penerapan manajemen kapasitas dapat menurunkan nilai Los jalan pada pagi hari menjadi bernilai C (0,74), siang hari berubah menjadi bernilai C (0,63), dan sore hari berubah menjadi bernilai C (0,72).

Keywords


Tarikan-Pergerakan; Regresi-Linier-Berganda; Manajemen-Kapasitas

Full Text:

PDF

References


Aristian, F. 2017. Pengaruh Pola Penggunaan Lahan Terhadap Sistem Pergerakan di Kecamatan Kambu Kota Kendari. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indoensia (PKJI). Pengembangan Perencanaan Transportasi Jalan Perkotaan.

Jauhari, S. 2018. Analisis Sistem Perencanaan Transportasi Umum Dengan Menggunakan Model Volume Capacity Ratio. Media Informatika, 17(1): 12–17.

Junaidi, J., Gani, I., Noor, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Mulawarman, U. 2020. Analisis Transportasi Darat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur. KINERJA, 17(2), 264–269.

Nurdiani. 2019. Kesesuaian Sistem Transportasi Umum Di Kota Surakarta Terhadap Konsep Transportation For Livable City. Desa-Kota.1(1):71-83.

Oky, Anita M., Retno Hidayati, S., & Aminto Ardi, I. 2020. Karakteristik Transportasi Pusat-Pusat Pelayanan di Koridor Jalan Jogja Solo. MATRA, 1(1), 23–34.

Palilu. 2018. Analisis Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Transportasi Terhadap Produk Domestik Regional Bruto Kota Ambon. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 23(2):227-240.

Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perkotaan Sidoarjo Tahun 2019-2039.

Waloejo, B.S. 2020. The Effect of Commercial Areas and Industrial Zone Improvement on Road Service Levels Between City Surabaya-Sidoarjo. 2nd International Symposium on Transportation Studies in Developing Countries (ISTSDC 2019), 193, 31–35.

Tamin, O. 2000.Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung. Institut Teknologi Bandung.

Waloejo, B. S., Agustin, I. W., & Ramadhan, W. 2019. Interaction Model between Land Use and the Road’s Level of Service in the Corridor of Lawang to Singosari. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 328(1), 1–8.

Waloejo. 2020. The effect of the development of industrial and commercial area on road network performance (Waru Surabaya-Mojokerto Street). International Journal of GEOMATE. 19(71):115-

Waloejo, B.S., Agustin, I.W. 2017. Trip Attraction Model of Land Use for Industrial Area. Regional Conference in Civil Engineering (RCCE), 277–283.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.