EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK JALUR PEDESTRIAN DI KORIDOR JALAN GAJAYANA-SUMBERSARI KOTA MALANG

Edmund Patrisius Purna, Septiana Hariyani, Deni Agus Setyono

Abstract


Berdasarkan laporan WHO (World Health Organization) tahun 2021 tentang kecelakaan lalu lintas di jalan, lebih dari 600 ribu pejalan kan meninggal setiap tahunnya sebagai akibat dari kecelakaan lalu lintas. Desain jalan
berperan besar pada keamanan penggunanya maka dari itu, jalan harus didesain sedemikian rupa sehingga aman bagi setiap penggunanya baik itu pengendara kendaraan bermotor/tidak bermotor maupun pejalan kaki,
teruntuk khusus di lokasi yang bersifat menimbulkan pergerakan pejalan kaki dalam jumlah yang besar (WHO, 2021). Koridor Jalan Gajayana-Sumbersari teridentifikasikan sebagai koridor jalan dengan potensi menimbulkan
pergerakan pejalan kaki yang besar karena terletak di Kota Malang yang merupakan kota besar (penduduk lebih dari 800 ribu jiwa), hierarki jalan kolektor sekunder, dan memiliki guna lahan yang beragam (pendidikan,
perdagangan dan jasa, perkantoran, permukiman dan RTH). Selain itu, terdapat dua masalah utama berkaitan dengan jalur pejalan kaki di koridor jalan ini yakni kondisi fasilitas jalur pejalan kaki yang buruk dan banyaknya
hambatan jalur pejalan kaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kondisi eksisting dari karakteristik fisik jalur pejalan kaki yang terdapat di koridor Jalan Gajayana-Sumbersari berdasarkan seperangkat peraturan
pemerintah yang berlaku dan beberapa literatur akademik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan alat analisis yang digunakan ialah analisis evaluatif dengan tujuan untuk menampilkan atribut
jalur pejalan kaki apa saja yang sudah memenuhi dan belum memenuhi standar yang dirujuk. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya 26% atribut yang memenuhi standar dan terdapat 74% atribut yang tidak memenuhi standar yang dirujuk yang berarti karakteristik fisik jalur pejalan kaki koridor wilayah studi sangat memerlukan penataan ulang.


Keywords


Koridor-Jalan-Gajayana-Sumbersari; Evaluasi; Jalur-Pejalan-Kaki.

Full Text:

PDF

References


Anggriani, N. 2009. Pedestrian Ways dalam Perancangan Kota. Surabaya: Yayasan Humaniora.

EVALUASI KARAKTERISTIK FISIK JALUR PEDESTRIAN DI KORIDOR JALAN GAJAYANA-SUMBERSARI KOTA MALANG 146 Planning for Urban Region and Environment Volume 13, Nomor 2, April 2024

Ardyanti, V., Agustin, I., & Utomo, D. 2019. Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Koridor Jalan Bendungan Sigura-Gura Kota Malang. Planning for Urban Region and Environment, Vol. 8, No. 2, 35-46.

Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan, Puslitbang Jalan dan Jembatan Kemen PUPR. 2018. Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Departemen Perhubungan Direktur Jenderal Perhubungan Darat . 1996. Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum No: 271/HK.105/DRJD/96. Jakarta.

Departemen PU Direktorat Jenderal Bina Marga. 1996. Pedoman Teknik Lansekap Jalan No: 033/T/BM/1996. Jakarta.

Dinas Perhubungan Kota Malang. 2023. Jalur Angkutan Kota Malang. Retrieved Juni 21, 2023, from https://dishub.malangkota.go.id/transportasi/jalur-angkutan-kota-malang-2/

Eriyansah, A. E. 2013. Evaluasi alat penelitian ujian kenaikan kelas. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fardila, D., Priyosulistyo, H., & Triwiyono. 2018. Penilaian Fasilitas Jalur Pedestrian dari Aspek Safety, Health, and Environment (SHE). INERSIA, Vol. XIV, No. 2, 133-145.

Fresdatama, H., Waloejo, B., & Agustin, I. 2021. Evaluasi Kinerja Jalur Pejalan Kaki Kawasan Alun–Alun Sidoarjo. Planning for Urban Region and Environment, Vol. 10, No. 4, 95-106.

Galinato JR, M., Agustin, I., & Hariyani, S. 2023. Aspek Kekeluargaan Dalam Konsep Omotenashi pada Koridor Jl. Sw Pranoto. Planning for Urban Region and Environment, Vol. 12, No. 1, 97-108

Sari. 2021. Identifikasi Fasilitas Pejalan Kaki di Koridor Jalan Affandi Yogyakarta dalam Mendukung Konsep Walkability. Jurnal Arsitektur Zonasi, Vol. 4, No. 3, 366-377.

Imarianto, G., Pandulu, G., & Arifianto, A. K. 2015. Analisa tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan Gajayana Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Jurnal Penelitian Teknik Sipil dan Teknik Kimia, Vol. 1, No. 2, 64-74

Khozidah, S., & Muttaqin, M. 2020. Evaluasi Fasilitas Pejalan Kaki Pada Jalan Sudirman Kawasan Plaza Sukaramai-Mall Pekanbaru. Jurnal Saintis, Vo. 20, No. 02, 93-100.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia: Kapasitas Simpang Apill . Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia: Kapasitas Simpang Apill. Jakarta.

Park, S. 2008. Defining, Measuring, and Evaluating Path Walkability, and

Testing Its Impacts on Transit Users’ Mode Choice and Walking Distance to the Station. Berkeley: Univercity of California Transportation Center.

Putra, S., Purbanto, G., & Negara, N. 2013. Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, Vol.2, No. 2, 1-6.

Sulistiono, D., Firdaus M, A., & Arifin, S. 2016. Tingkat Pelayanan (Los) Trotoar Pada Ruas Jalan Utama Kota Surabaya (Kasus Jalan Wonokromo, Jalan Raya Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Embong Malang, dan Jalan Tunjungan). Jurnal

Aplikasi Teknik Sipil, 63-68.

Sutikno, F. R., Surjono, & Kurniawan, E. B. 2013. Walkability and pedestrian perceptions in Malang City emerging business corridor. Procedia Environmental Sciences, Vol. 17, 424-433.

Wigananda, M., & Agung Gde, A. 2012. Analisis Kinerja Jalur Pedestrian di Kota Surabaya (Studi Kasus: Jl. Pemuda). Jurnal Teknik ITS, Vol.1, No. 1, 69-74.

WHO. 2021, June 21. Road traffic injuries. Retrieved from https://www.who.int/newsroom/

fact-sheets/detail/road-trafficinjuries


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.