EVALUASI KINERJA ANGKUTAN KOTA D.03 RUTE TERMINAL DEPOK-PARUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fakhri El Islami, Budi Sugiarto Waloejo, Nailah Firdausiyah

Abstract


Status perkotaan Depok sebagai Kota Penyangga dan telah ditetapkan dalam RTRW Kota Depok tahun 2012-2032 mengenai pengembangan dan pelayanan angkutan kota, dan dengan pertambahan jumlah penduduk yang terus bertambah, lebar jalan yang tetap, serta transportasi pribadi yang semakin bertambah banyak juga, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari permasalahan terkait transportasi akan terjadi di Kota Depok. Fokus penelitian adalah angkutan kota D.03. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan angkutan kota kurang diminati antara lain karena angkutan kota tidak beroperasi sesuai rute yang telah ditentukan, waktu tempuh lama dan kurangnya fasilitas informasi terkait angkutan kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional, kinerja pelayanan serta arahan pengembangan angkutan kota D.03. Teknik analisis yang digunakan adalah, analisis kinerja operasional, Importance and Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kepuasan dan harapan penumpang angkutan kota dengan pertimbangan SE Dirjen Perhubungan Darat Nomor 11 Tahun 2020 serta analisis QFD untuk mencari arahan prioritas kinerja angkutan kota. Berdasarkah hasil analisis terdapat 4 atribut prioritas yaitu penambahan stiker informasi pelayanan, penambahan identitas pada awak kendaraan angkutan kota, penambahan fasilitas pengecekan suhu tubuh.

Keywords


Angkutan-Kota-D.03, Kinerja-Operasional, Kinerja-Pelayanan, Arahan-Prioritas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.