HUBUNGAN KARAKTERISTIK MASYARAKAT DENGAN DAYA TARIK LOKASI BERBELANJA BAHAN PANGAN DI KECAMATAN LOWOKWARU

Nadiah Diani Putri, Wawargita Permata Wijayanti, Agus Dwi Wicaksono

Abstract


Aktivitas berbelanja bahan pangan merupakan salah satu kegiatan konsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Proses pemenuhan kebutuhan bahan pangan dilakukan dengan pergerakan masyarakat menuju sarana perdagangan: pasar tradisional maupun pasar modern. Preferensi masyarakat dalam pemilihan lokasi berbelanja dipengaruhi oleh karakteristik sosial-ekonomi masyarakat. Disamping itu, daya tarik lokasi  berbelanja terdiri atas aksesibilitas, variasi barang, harga barang, kenyamanan, kondisi fisik tempat berbelanja, dan fasilitas pendukung, sebagai faktor eksternal yang mempengaruhi pemilihan lokasi berbelanja masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara karakteristik masyarakat dengan daya tarik lokasi berbelanja. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sayur 83%, buah 77%, daging dan ikan 82% masyarakat memilih berbelanja di pasar tradisional. Selain itu, terdapat 1 dari 6 variabel karakteristik masyarakat, yaitu umur memiliki hubungan dengan daya tarik lokasi berbelanja. Pada pasar modern terdapat hubungan antara umur dan aksesibilitas, kondisi fisik, kenyamanan dan ketersediaan fasilitas. Sedangkan, pada pasar tradisional terdapat hubungan antara pengeluaran, dan varian bahan pangan, kondisi fisik, kenyamanan dan ketersediaan fasilitas.

Keywords


bahan-pangan; pasar-modern; pasar-tradisional; preferensi; tabulasi-silang.

Full Text:

PDF

References


Asribestari, R., & Setyono, J. S. 2013. Pengaruh Daya Tarik Pasar Tradisional dan Pasar Modern terhadap Preferensi Konsumen Studi Komparasi Pasar Karangayu dan Giant Superdome. Jurnal Teknik PWK, 2(3), 539-548.

Badan Pusat Statistika. 2022. Kecamatan Lowokwaru dalam Angka 2022. Penerbit Badan Pusat Statistik Kota Malang. Malang.

Badan Pusat Statistika. 2021. Kecamatan Lowokwaru dalam Angka 2021. Penerbit Badan Pusat Statistik Kota Malang. Malang.

Badan Pusat Statistika. 2020. Kecamatan Lowokwaru dalam Angka 2020. Penerbit Badan Pusat Statistik Kota Malang. Malang.

Fanataf, P. A., Tilaar, S., & Takumansang, E. D. 2020. Analisis Keterjangkauan Masyarakat terhadap Pasar Tradisional di Kota Manado. Jurnal Spasial, 7(2), 228-239.

Fauzi, A. M. 2019. Pola Spasial Pemilihan Tempat Belanja Sembako Penduduk Pinggiran Kota Solo (Kasus Penduduk Desa Pabelan dan Desa Gonilan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo). Skripsi tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Kotler, P. 2000. Managemen Pemasaran. Jakarta: Perhalindo.

Maryati, S. 2009. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Semarang. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

Medina, R. A. 2017. Pola Spasial Pemilihan Lokasi Belanja Kebutuhan Primer Penduduk Kecamatan Bogor Tengah. IRONS: Industrial Research Workshop and National Seminar, 527-535.

Peraturan Daerah Kota Malang. 2010. Penyelenggaraan Usaha Perindustrian dan Perdagangan. Malang.

Saptaningrum, R. P., Wijayanti, W. P., & Usman, F. 2023. Kajian Perubahan Pemanfaatan Ruang dan Keterkaitannya dengan Karakteristik Migran di Kelurahan Tunggulwulung. Planning for Urban Region and Environment, 12(1), 37-44.

Somasekhar, G., Basha, S. A., & Rangarajan, V. 2018. Prediction of Shoppers' Perceptual Differences in Tradisional Retail Stores: An Application of Discriminant Analysis. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET), 9(10), 1326–1335.

Susanto, R. Y., & Prihatminingtyas , B. 2016. Kajian Pedagang Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Malang. Prosiding: Indonesia yang Berkeadilan Sosial tanpa Diskriminasi, 755-761.

Teller, C., & Reutterer, T. 2008. The Evolving Concept of Retail Attractiveness: What Makes Retail Agglomerations Attractive When Customers Shop at Them? Journal of Retailing and Consumer Sevices, 15, 127-143.

Windani, I., & Awaliyah, K. S. 2017. Preferensi Konsumen Terhadap Pangan Organik di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertanian Peternakan Terpadu Ke-3, 622-633.

Wurangian, F. D., D. E., & J. S. 2015. Analisis Pola Konsumsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ram Ratulangi yang Kost di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15, 74-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.