PERLUASAN LINGKUP LAYANAN TPS 3R JALIBAR BERSERI GUNA PENINGKATAN KAPASITAS REDUKSI SAMPAH

Fahfiudina Nurul Qolbiyah, Christia Meidiana, Wawargita Permata Wijayanti

Abstract


Pembangunan TPS 3R merupakan suatu upaya dalam pengurangan dan penanganan sampah skala kawasan khususnya di Kota Batu. TPS 3R Jalibar Berseri dibangun dengan tujuan untuk mereduksi timbulan sampah Desa Oro-Oro Ombo sebelum diangkut ke TPA Tlekung. Namun, TPS 3R Jalibar Berseri masih belum dapat dimanfaatkan dengan baik, hal ini diketahui karena adanya petugas pengumpul sampah secara mandiri dan tidak tergabung dalam manajemen TPS 3R. Sampah yang dikumpulkan oleh KSM langsung dibawa ke TPA tanpa adanya pengolahan, sehingga sampah Desa Oro-Oro Ombo tidak tereduksi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sistem pengumpulan sampah dan merumuskan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan reduksi sampah. Hasil penelitian menunjukkan reduksi sampah Desa Oro-Oro Ombo belum efektif dikarenakan lingkup pelayanan pengumpulan sampah TPS 3R Jalibar Berseri hanya melayani 132 KK atau 4,43%. Mengacu dalam Peraturan Wali Kota Batu Nomor 66 Tahun 2020 dibutuhkan fasilitas TPS 3R di setiap desa/kelurahan untuk melayani daerah tersebut, sehingga perlu adanya perluasan pelayanan TPS 3R Jalibar Berseri hingga melayani 1 Desa Oro-Oro Ombo. Penentuan sistem pengumpulan sampah berdasarkan analisis zonasi pola pengumpulan dengan overlay didapatkan empat pola yang cocok diterapkan, yaitu pola pengumpulan individual langsung, pengumpulan individual tidak langsung, komunal langsung, dan komunal tidak langsung. Diperlukan 11 unit penambahan wadah komunal untuk memfasilitasi permukiman pada pola pengumpulan komunal. Potensi reduksi sampah setelah adanya perluasan pelayanan jauh lebih besar yaitu 1.604,31 kg.

Keywords


Waste-Reduction; Waste-Collection; TPS-3R

Full Text:

PDF

References


Arbi, R. 2019. Optimasi untuk Pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) dengan Metode Fuzzy Logic dan Hill Climbing. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arief, S. 2013. Pengelolaan Sampah Malang Raya Menuju Pengelolaan Sampah Terpadu Yang Berbasis Partisipasi Masyarakat. Jurnal Humanity, 8.

Armanda, E. 2019. Perencanaan Tempat Pengolahan Sampah Dengan Prinsip Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Kecamatan Medan Polonia. Tesis. Universitas Sumatera Utara

Aryenti, & Kustiasih, T. 2013. Kajian Peningkatan Tempat Pembuangan Sampah Sementara Sebagai Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu. Jurnal Permukiman. 8(2):89-97.

Aspian, S. A. 2009. Optimasi Pola Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah Kota Muara Teweh Melalui Pendekatan Zonasi. Doctoral Dissertation, Program Pascasarjana Universitas Diponogoro.

Badan Pusat Statistik. 2022. Kota Batu dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Batu: Batu.

Badan Standarisasi Nasional. 1994. SNI 19-3964-1994 Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Sampah Perkotaan. Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional. 2002. SNI 19-2454-2002 Tentang Tata Cara Teknis Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jakarta.

Balitbang PU, D. P. 1990. SKSNI T-13-1990-F Tata Cara Pengelolaan Teknik Sampah Perkotaan. Balitbang PU.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu. 2018. Dokumen Sampah Rumah Tangga Kota Batu (SRT). Kota Batu: DLH.

Iman, H. 2013. Keberlanjutan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Kelurahan Taman Sari Kota Bandung. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, B SAPPK V2/N2, pp 283-290.

Januar, M. A. 2003. Peningkatan Teknik Operasional Pengelolaan Sampah di Kota Malang. Tesis. Semarang: Universitas Diponogoro.

Kantor Desa Oro-Oro Ombo. 2022. Laporan Kependudukan Desa Oro-Oro Ombo. Kota Batu.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2013. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 3/PRT/M/2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga.

Sari, F., & Hardianto. 2011. Perencanaan Material Recovery Facility Secara Manual di TPA Bulusan Banyuwangi. Jurnal Spectra Nomor 18, Volume IX.

Sholikah , S., & Herumurti, W. 2017. Timbulan dan Reduksi Sampah di Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Teknik ITS, 6(2), 2337-3520.

Walikota Batu. 2018. Peraturan Walikota (Perwali) Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga . Kota Batu: Walikota Batu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.