EVALUASI KINERJA JALUR PEJALAN KAKI JALAN RADEN INTAN KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Faris Eka Syarifudin, Budi Sugiarto Waloejo, Imma Widyawati Agustin

Abstract


Jalan Raden Intan di Kota Malang telah dilengkapi oleh berberapa jalur pejalan kaki. Namun pada kondisi eksisting masih adanya permasalahan sehingga kinerjanya belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik pengguna jalur pejalan kaki, menganalisis kinerja operasional, dan  menyusun arahan kebutuhan jalur pejalan kaki untuk melengkapi jalur pejalan kaki yang masih belum tersedia pada koridor ini. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif untuk menganalisis karakteristik jalur pejalan kaki kemudian kinerja  operasional jalur pejalan kaki yang meliputi geometrik jalur pejalan kaki, kinerja fasilitas pelengkap, analisis Level of Service (LOS) jalur pejalan kaki, serta kebutuhan jalur pejalan kaki untuk menyusun arahan adanya kebutuhan jalur pejalan kaki. Hasil penelitian ini menunjukan kinerja operasional dari jalur pejalan kaki masih belum maksimal dan ditemukan kendala seperti hambatan pada jalur pejalan kaki maupun nilai LOS mencapai “F” pada waktu puncak di salah satu segmennya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan perbaikan pelebaran ukuran pejalan kaki, peningkatan kualitas geometrik perkerasan, penambahan pengaman jalur pejalan kaki, peningkatan dan perawatan terhadap fasilitas pelengkap, dan mengurangi halangan sehingga jalur pejalan kaki di Jalan Raden Intan dapat digunakan secara optimal.

Keywords


kebutuhan-jalur-pejalan-kaki; kinerja-jalur-pejalan-kaki; tingkat-pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Agustin, I. W. 2017. Penerapan Konsep Walkability di Kawasan Alun-alun Kota Malang. Jurnal Pengembangan Kota. 5 (1):45-57.

Ambarwati, L., Indrastuti, K. & Sari, N. 2018. Pejalan Kaki: Riwayatmu Dulu dan Kini. Malang: UB Press.

Kementerian PUPR. 2014. Permen PUPR Nomor 03/PRT/M/2014 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan. Jakarta. Kementerian PUPR.

Sandy. K.M., Agustin, I.W & Firdausyah, N. 2023. Evaluasi Kinerja Jalan dan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Brawijaya dan Jalan Tumapel. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE). 12(1):163-174.

Sari, E.P. & MCA, Theresia. 2020. Analisis Tingkat Pelayanan Jalur Pedestrian di Jalan Kranggan Kota Surabaya. Jurnal Teknologi & Manajemen. 1(1):50-56.

Shodikin A. & Putra., K.H. 2020. Analisis Kebutuhan Ruang Pejalan Kaki-Pedestrian di Jalan Siwalankerto Surabaya. (Editor). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan VIII 2020. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Penerbit ALFABETA.

Wenas, J.K.P.L., Timboeleng J.A & Lefrandt, L.R. 2019. Analisis Kinerja Jalur Pedestrian Kawasan Pertokoan Pasar 45. Jurnal Sipil Statik. 7(9):1211-1222.

Widiyanti, D. 2016. Perencanaan Desain Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan di Kota Malang. Jurnal Penelitian Transportasi Darat. 18(2): 97-108.

Zuliana, E. 2015. Analisis Kebutuhan Jalur Pedestrian di Kawasan Gajahmada Pontianak. Jurnal Teknik Sipil. 15 (2):1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.