PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA PANTAI TIGA WARNA DI KABUPATEN MALANG

Yusni Mustika Sari, Agus Dwi Wicaksono, Wawargita Permata Wijayanti

Abstract


Kabupaten Malang merupakan kabupaten yang memiliki berbagai macam potensi objek wisata, baik objek wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatan. Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Kabupaten Malang adalah objek wisata Pantai Tiga Warna. Pantai Tiga Warna memiliki daya tarik dan kegiatan atraksi yang tidak terdapat di objek wisata pantai lain seperti kegiatan snorkeling dan banana boat. Namun dengan daya tarik dan kegiatan wisata tersebut terdapat permasalahan di Pantai Tiga Warna yaitu terdapatnya sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk mendukung kegiatan wisatawan di objek wisata tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap objek destinasi tempat wisata Pantai Tiga Warna dengan menggunakan metode kualitatif berupa penilaian persepsi wisatawan terhadap objek wisata Pantai Tiga Warna dengan teknik analisis faktor. Adapun hasil dari penelitian adalah atribut-atribut yang sudah direduksi menggunakan analisis faktor terdapat 16 atribut yang sama dari tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan terhadap 100 responden. Enam belas atribut tersebut adalah X2, X3, X4, X5, X6, X7, X8, X9, X11, X12, X14, X15, X17, X20, X22, dan X28. Dengan mengetahui atribut-atribut yang telah direduksi, hasil penelitian dapat digunakan untuk memprioritaskan pengembangan pariwisata Pantai Tiga Warna berdasarkan persepsi wisatawan

Keywords


Wisatawan; persepsi; analisis-faktor.

Full Text:

PDF

References


Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Malang.

Daya Tarik Wisata di Kabupaten

Malang Tahun 2018. Malang:

DISBUDPARPORA.

Gamal, Suwantoro. (2002). Dasar-Dasar

Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis

Multivariate dengan Program IBM

SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Meyers, Koen & Zalukhu, Sukawati. (2009).

Panduan Dasar Pelaksanaan

Ekowisata. Jakarta: Unesco Office.

Sugandi & Titing Suprianti. (2006).

Pengembangan Objek Wisata Pantai

Santolo di Kawasan Wisata Garut

Selatan.

Turismo. (2012). Pengembangan Objek Wisata

Pantai Wabo Sebagai Objek Wisata

Unggulan di Districk Baucau.

Yoeti, O. A. (2002). Perencanaan Strategi

Pemasaran Daerah Tujuan Wisata.

Jakarta. PT. Pradaya Pramita


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.