ARAHAN PERBAIKAN TAMAN SEMPUR KOTA BOGOR BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG
Abstract
Keberadaan ruang publik di perkotaan merupakan hal yang penting yang berperan sebagai wadah aktivitas dan kegiatan bagi masyarakat. Sejalan dengan fungsi ruang terbuka publik dimana mampu memenuhi kebutuhan pengguna dalam melakukan aktivitas yang dapat memberikan kesenangan, sehingga dalam perencanaan ruang publik harus mempertimbangkan berbagai aspek yang memerhatikan kebutuhan masyarakatnya. Ruang publik yang berkualitas memiliki tingkat responsif, tingkat demokrasi, dan memberikan makna, ketiga hal tersebut dapat diketahui apabila suatu ruang mampu memberikan kebutuan pengguna, melindungi hak pengguna, dan memberikan kesan yang baik. Taman Sempur Kota Bogor merupakan kompleks taman yang direvitalisasi pada tahun 2018 namun mengalami penurunan kualitas sehingga membutuhkan perbaikan serta belum optimalnya pelayanan dari Taman Sempur. Adanya indikasi permasalahan di Taman Sempur maka penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi kondisi fisik taman dan menganalisis persepsi pengunjung terhadap empat dimensi meliputi dimensi fisik, dimensi aktivitas, dimensi sosial, dan dimensi meaning menggunakan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI). Ranking prioritas perbaikan taman dilakukan dengan menggunaka analisis potential gain customer value (PGCV). Perumusan arahan perbaikan pada Taman Sempur Kota Bogor dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting dengan hasil persepsi pengunjung. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat lima atribut yang dinilai membutuhkan perbaikan karena memiliki nilai kepentingan paling tinggi dan nilai kepuasan yang rendah. Atribut yang membutuhkan perbaikan diantaranya adalah fasilitas toilet, fasilitas parkir, pelayanan kantor keamanan, fasilitas lampu dan tempat sampah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiprasetio, J., & Saputra, S. J. 2018. Taman Sempur Dan Ruang Publik: Analisis Geo-Semiotik dan Etnografi. Jurnal Komunikasi. 13, 17–40.
Alifah, U. N., Rusgiyono, A., & Prahutama, A. 2020. Metode Servqual Kuadran IPA, dan Indeks PGCV Untuk Menganalisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit X. Semarang. Statistika Vol. 8, Issue 2.
Carmona, 2019. Principles for public space design, planning to do better. London. Palgrave Macmillan UK . 24(1), 47–59
Carr, Stephen. 1992. Public Space. USA. Cambridge University Press.
Charkhchian, M., & Daneshpour, S. A. 2009. Interactions among different dimensions of a responsive public space: Case study in Iran. Review of Urban and Regional Development Studies. 21(1), 14–36.
Hakim, Rustam &Utomo Hardi. 2003. Prinsip-Unsur dan Aplikasi Desain Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Handayani, S. 2009. Arsitektur Lansekap, Modul Kuliah Arsitektur UPI. Jakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.
Handayani, F. 2021. Evaluasi Kinerja Aset Fasilitas pada Alun-alun Ujung Berung Kota Bandung sebagai Ruang Terbuka Publik. Bandung. Industrial Research Workshop and National Seminar.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Managemen. London. Essex Pearson Education Limited Vol. 15.
Santoso, E. B. 2008. Studi Perencanaan Penataan Kawasan Alun-Alun Kota Brebes. Semarang. Jurnal Teknik Sipil Dan Perencanaan. Vol 5 10 Nomor 2
Syukri, Siti Husna Ainu. 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis Gap Pada Kualias Pelayanan Trans Jogja. Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Teknik Industri Vol 13 No. 2.
Utomo, Wiranto Herry, Wijaya Agustinus Fritz and Widi Constatina A. 2013. Customer Satisfaction Analysis to Health Service by SERVQUAL 5 Dimension Method and Customer Satisfaction Index. International Journal of Computer Applications pp. 17–21.
Siyoto, 2016. Sandu Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.
Wirawan, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta. Salemba Empat.
Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV ALFA BETA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.