EVALUASI KINERJA ANGKUTAN TRAYEK 01, 02, DAN 06 KOTA SERANG

Nindya Dwi Rahayu Rahmah, Septiana Hariyani, Nailah Firdausiyah

Abstract


Kota Serang merupakan pusat pelayanan perdagangan dan jasa, pendidikan, dan pariwisata religi di Provinsi Banten sehingga menghasilkan pergerakan dan membutuhkan transportasi yang memadai. Pengguna angkot di Kota Serang cenderung menurun salah satunya disebabkan oleh tingkat pelayanan angkot kepada pengguna atau penumpang yang belum sesuai dengan pedoman Standar Pelayanan Minimum (SPM). Kota Serang memiliki 10 trayek angkot dengan rute yang berbeda-beda. Trayek 01, 02, dan 06 merupakan trayek terpilih berdasarkan analisis MCA (Multiple Criteria Analysis) dengan kriteria kepadatan penduduk, panjang litasan, dan tata guna lahan yang lebih unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional dan pelayanan berdasarkan tingkat kepuasan pengguna pada angkot Kota Serang. Evaluasi kinerja angkot menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif berdasarkan standar pelayanan minimum yang mengacu pada PM 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Dalam Trayek, Peraturan Menteri No. 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek, dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Perkotaan Dirjen Perhubungan Darat RI tahun 2002. Kinerja pelayanan untuk menilai persepsi pengguna angkot menggunakan Importance Porformance Analysis (IPA). Hasil dari kinerja operasional menunjukkan bahwa ketiga trayek penelitian memiliki headway, waktu perjalanan, dan load factor yang masih dibawah standar yaitu 70%. Sedangkan hasil IPA pada trayek 01, 02, dan 06 terdapat atribut yang perlu diperbaiki dan dipertahankan. Hasil dari kinerja operasional dan pelayanan angkot kemudian dievaluasi dan dijadikan sebagai pertimbangan dalam rekomendasi rute berdasarkan permintaan pergerakan angkot di Kota Serang. 


Keywords


Angkutan-Kota; Kinerja-Operasional; Importance-Performance-Analysis

Full Text:

PDF

References


Adityasari, Mahasti. 2019. Evaluasi Rute Angkutan Kota Berbasis Kebutuhan Pergerakan Masyarakat Dengan Metode (GIS) Di Kota Malang. Media Teknik Sipil. Vo.13 No.1

Azmeri dkk. 2018. Kinerja Pelayanan Nagkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta. Cv Budi Utama

Badan P. 2018. Kota Serang Dalam Angka. Serang. BPS.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. 2002. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta. Departemen Perhubungan RI.

Pradana, M. 2017. Urung Rembug Memperbaiki Angkutan Kota di Kota Serang. Serang. UNTIRTA

Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek

Peraturan Menteri No. 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek

Peraturan Menteri No. 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Dalam Trayek

Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan

Tamin, O. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung. ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.